Menjaga Asupan Makanan Penderita Darah Tinggi

By Roem Widianto - February 23, 2020


Assalamu'alaikum.

Sedih gak sih, ketika orang yang disayang terkena tekanan darah tinggi alias hipertensi? 

Aku ingat sekali tujuh belas tahun yang lalu orang yang paling aku sayang, yaitu ibuku,  ketahuan terkena tekanan darah tinggi. Aku merasa sedih sekali karena tekanan darah tinggi dapat memicu penyakit lain yang lebih berbahaya seperti jantung dan stroke seiring dengan bertambahnya usia. Padahal saat itu usia ibuku masih sangat muda sekali.

Setelah tujuh belas tahun berlalu ternyata kondisi kesehatan ibuku masih baik-baik saja. Tekanan darah ibuku masih terjaga, tidak terlalu tinggi yang mengharuskan penanganan medis lebih lanjut. Usut punya usut ternyata ibuku menyadari bahwa tekanan darah tinggi dapat dipicu oleh asupan makanan penderita darah tinggi yang tidak sesuai dan berisiko menaikan tensi. Oleh karena itu beliau benar-benar mengontrol tekanan darah dengan cara menjaga asupan makanan.

Untuk lebih jelas, inilah makanan-makanan yang perlu dihindari dan makanan-makanan yang perlu dikonsumsi penderita tekanan darah tinggi supaya tekanan darahnya bisa terkontrol dengan baik:

Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Darah Tinggi

Ketika tekanan darah sedang tinggi biasanya dokter akan memberikan resep obat penurun tekanan darah. Namun, obat tersebut tidak akan efektif apabila pola asupan makanan tidak dijaga. Untuk itu, jika kondisi tekanan darah sedang tinggi makanan-makanan yang mengandung zat-zat berikut ini sebaiknya dihindari:

1. Garam (Natrium)

Sumber: pixabay.com
Jika darah tinggi sedang kumat, sebaiknya hindari makanan yang terlalu banyak mengandung garam atau natrium. Hal ini karena natrium dapat dengan cepat memicu tekanan darah menjadi naik. Batasi penggunaan garam jangan melebihi 1.500 mg per hari.

2. Gula

Sumber: pixabay.com
Meskipun identik dengan penyakit diabetes, konsumsi gula yang berlebih juga dapat memicu tekanan darah menjadi tinggi yang menjadi efek samping dari obesitas. Sebisa mungkin batasi juga pengkonsumsian gula berlebih.

3. Lemak

Sumber: pixabay.com
Makanan penderita tekanan darah tinggi yang mengandung banyak lemak terutama lemak trans pun dapat meningkatkan risiko naiknya tekanan darah. Hal ini karena lemak dapat memicu kolestrol dan penyakit jantung jantung yang menyebabkan tekanan darah tidak normal.

4. Alkohol

Sumber: pixabay.com
Konsumsi alkohol baik dalam jumlah sedikit atau banyak dapat memicu baiknya tekanan darah tinggi bagi penderitanya. Alkohol juga dapat membuat efektivitas obat penurun tensi menjadi rendah. Sehingga tekanan darah akan terus tetap tinggi.

Makanan Penderita Tekanan Darah Tinggi yang Harus Dikonsumsi

Mengonsumsi makanan yang dapat mengendalikan tekanan darah dapat membantu kinerja obat serta menjaga tekanan darah agar tidak terlalu tinggi. Adapun makanan yang perlu dikonsumsi penderita tekanan darah tinggi sebisa mungkin mengandung zat-zat berikut ini:

1. Kalium

Untuk menurunkan tekanan darah serta menjaga agar tekanannya tidak naik terus menerus, penderita darah tinggi sebaiknya banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kalium. Karena berdasarkan hasil beberapa penelitian menyatakan bahwa kalium dapat membantu mengontrol tekanan darah.
Sumber: pixabay.com
Kalium ini dapat ditemukan dalam berbagai makanan seperti sayuran hijau, kentang, pisang, hingga susu low fat. Kaliam dapat mengatur menu makanan penderita tekanan darah tinggi dengan menggunakan bahan-bahan tersebut agar asupan kalium dalam tubuh tercukupi dan tekanan darah tidak menjadi tinggi.

2. Omega-3

Sumber: pixabay.com
Zat selanjutnya yang dapat membantu mengontrol tekanan darah yang tinggi adalah omega-3. Hasil penelitian pun banyak menunjukan bahwa penderita darah tinggi yang mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3, tekanan darahnya turun secara bertahap. Penderita darah tinggi dapat sexars rutin mengkonsumsi makanan yang kaya omega-3 seperti ikan trout, salmon, atau flaxseed.

3. Kalsium

Sumber: pixabay.com
Selain fungsi utamanya sebagi penguat tulang dan gigi, ternyata kalsium juga dapar membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi. Kalsium dapat ditemukan dengan cara memperbanyak konsumsi makakan yang mengandung kalsium seperti susu rendah lemak atau yogurt. Selain itu, kandungan probiotik dalam yogurt juga membantu menurunkan tensi yang tinggi.

4. Nitrat

Sumber: pixabay.com
Kandungan nitrat alami terbukti melalui penelitian dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan nitrat alami ini dapat ditemukan dalam buah bit. Makanan penderita darah tinggi dapat mengonsumsi buah bit dalam bentuk langsung atau dalam bentuk jus.

5. Senyawa Flavonoid

Sumber: pixabay.com
Senyawa ini banyak terkandung di dalam buah berry. Flavonoid dapat mencegah naiknya tekanan darah dan menurunkan tekanan darah yang tinggi. Karena itu, penderita hipertensi sebaiknya rutin mengonsumsi buah berry seperti blueberry, strawberry, atau raspberry.

Itulah beberapa makanan yang dianjurkan untuk penderita darah tinggi agar tekanan darahnya selalu terjaga. Walaupun kita sedang dalam kondisi yang sehat tetap usahakan untuk rutin mengonsumsi makanan-makanan yang dianjurkan di atas, ya. Kita semua harus selalu menjaga kesehatan karena sehat itu tak murah, jika tekanan darah sudah naik dan tak terkontrol malah membutuhkan biaya lebih untuk menyembuhkannya.
Berbicara mengenai biaya, jika kalian membutuhkan biaya atau bermasalah dengan finansial karena biaya pengobatan tekanan darah tinggi yang membengkak kalian dapat mengunjungi CekAja.com di laman web berikut ini: https://www.cekaja.com/info/wisata-sejarah-di-kepulauan-seribu-yuk-ini-pilihan-destinasinya/ disini kalian tak hanya mendapatkan informasi seputar finansial, tetapi informasi lain seperti kesehatan, bisnis, dan lifestyle dapat ditemukan.

Wassalamu'alaikum.

  • Share:

You Might Also Like

21 komentar

  1. Saya banget ini, paling suka yang asin-asin, makanya ngamukan orangnya hahahaha.
    Etapi dari kecil saya suka makanan yang lebih asin sih, jadi pas pertama kali ke Surabaya, saya sedih banget karena makanannya kebanyakan manis.

    Padahal ya masih lebih mending dari Jawa tengah yang kemanisan banget hahaha.

    Seharusnya nih menjaga makanan nih ya sekarang, harus mengatur pola makan yang sehat.
    Apalagi buat penderita darah tinggi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Darah tinggi tapi kalo duitnya banyak biasanya cepat turun mbak Rey, coba aja tanya mbak Roem kalo ngga percaya πŸ˜‚

      Delete
    2. Bener banget, Mbak Rey. Mumpung masih sehat lebih baik menjaga makanan mulai sekarang. Apalagi kalau ada keturunan darah tinggi sepertiku ini. Eh, ayah juga ada diabetes. Jadi aku punya darah keturunan darah tinggi dan diabetes. Makan asin salah, makan manis salah. Mending minum air putih aja deh buat hilangkan lapar.πŸ˜‚

      Delete
    3. wkwkwkwkwk, eh bener ya, jangankan darah tinggi, penyakit lainnya pun, kalau diobatin pakai duit segepok, langsung auto sembuh tuh hahahaha.

      Iya bener tuh, tapi pilihannya memang boleh konsumsi tapi jangan berlebihan kayaknya :D

      Delete
    4. Minumnya air putih terus, emangnya ikan mas di kolam.🀣

      Delete
    5. @Mbak Rey: bagaimanapun kalau berlebihan gak baik ya, Mbak. πŸ˜„

      @Mas Agus: kalau perempuan berarti ikan mbak, mas?πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Delete
  2. Menurutku, selain faktor makanan yang bikin darah tinggi seperti garam, darah tinggi juga bisa disebabkan faktor psikologis yaitu pikiran yang tertekan, misalnya lihat suami jalan sama wanita lain. Eh, tapi kalo suaminya tukang gojek ya dimaklumi yaaaa..😁

    Bisa juga stres karena anak anak rewel terus, plus suaminya ngga perhatian main hp terus. Contohnya kayak sudah ada yaitu atas saya.🀣

    Tapi darah tinggi itu juga bisa dikontrol dengan cara menjaga pola makan, bisa juga dengan minum air rebusan seledri atau daun pandan, bisa juga dengan rajin konsumsi timun atau pisang, beneran.

    Tapiiii, cara yang paling ampuh, ya dengan cara ngasih uang 50 juta perbulan plus suami perhatian. Iya kan...😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ampuh banget, mas. Hati yang adem ayem dan gak ada pikiran yang berat-berat bikin bisa menikmati hidup serta kesehatan terjaga. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Delete
  3. Eh kok tumben tiap hari update terus ya, biasanya seminggu sekali atau malah sebulan 2x doang.πŸ˜ƒ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kejar setoran, mas. *Eh*πŸ™Š

      Delete
    2. Waduh, kayak mbak Rey aja ngejar setoran 50 juta sebulan oppss.😱🀭

      Delete
    3. Mbak Rey sungguh sosok panutan. HeheheπŸ˜‚

      Delete
  4. kalo di keluarga ku malah penderita darah rendah semua, termasuk aku.
    tapi kalo kata orang2 darah rendah itu enak, krn ga ada pantangan makanan.. malah disuruh makan yg enk2 seperti daging kambing, dll.. wkwk..

    padahal mah kalo lagi sakit ya sama aja, puaing rasanya.. gak enak.. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Sama gak enaknya kalau lagi kumat. Aku juga punya darah rendah, kalau kumat bisa jadi sering pingsan.

      Eh tapi yang bikin bingung tuh ibuku waktu masih muda dulu juga tekanan darah rendah lho, Mbak Thya. Tapi setelah melahirkan anak kedua jadi punya hipertensi, mungkin juga karena punya keturunan hipertensi dari kakek dan nenekku.πŸ€”

      Delete
    2. Mungkin setelah melahirkan repot mengurus anak jadinya agak tertekan dan jadi darah tinggi, apalagi kalo anaknya nakal nakal seperti mbak Roem, tambah tinggi darahnya...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Delete
    3. Untung dulu cuma aku anaknya yang nakal, adekku dari lahir sudah jadi anak baik-baik.πŸ˜‚

      Delete
  5. Waduh makanan yang enak2 itu ternyata penyebab darah tinggi semua yak. Hiks. Langsung makan bungkus nasi padang #eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekalian sate kambing, aneka makanan seafood dan juga chiki-chikian, Mas. Eh tapi bayar sendiri ya. Hehehe.πŸ˜‚

      Delete
  6. Saya malah kurang darah. Kalau turun dikit aja, kepala langsung nyut-nyutan. Tapi alhamdulillahnya nggak ads keluarga yang kena darah tinggi. Soalnya kalau denger cerita temen yang punya darah tinggi, serem juga kalau lagi kambuh (banyak temen emak-emakπŸ˜‚)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seremnya gimana mbak Astri, apa suka nyeruduk gitu ya? 😱

      Ngga juga sih mbak, kalo darah tinggi itu kepala puyeng, sama kayak darah rendah, kalo soal marah marah itu mah Karakter orangnya aja, kayak yang punya blog ini nih.😁

      *Kaboorrrr

      Delete
    2. Mau ke mana, mas Agus. Main kabur aja. Motornya ketinggalan, nanti aku loakin lho.πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Delete

Komentar akan dimoderasi. Jadi mohon maaf sekali apabila komentar yang tidak sopan, mengandung kata kasar, menyinggung SARA, spam, dan yang berisi link hidup terpaksa tidak saya terbitkan. Terima kasih sudah mampir dan berkomentar.πŸ˜„