(Review) Purbasari - Oil Control Matte Powder #Honey Beige

By Roem Widianto - February 12, 2020


Assalamu'alaikum.

Siapa bilang cantik harus mahal? Cantik tuh gak harus keluarin banyak uang, tauuu. Produk make up yang bisa sulap para ciwi-ciwi jadi tambah syantik tuh gak selalu punya harga mahal kok. Percaya gak? Masih gak percaya? Yuk kita bahas salah satu produk make up super murah yang aku temukan.

Kebetulan, bedak taburku sudah tinggal sedikit. Mungkin satu atau dua minggu lagi sudah habis jadi aku memutuskan untuk membeli bedak baru *yeah*πŸ˜†. Kali ini aku ingin membeli bedak yang lebih praktis untuk dibawa ke mana-mana, yaitu dalam bentuk pressed powder. Dan saat aku melihat produk-produk pressed powder di sebuah toko daring langgananku, aku menemukan sebuah bedak dengan harga Rp 17.000!! Saat aku coba mencari ulasannya di internet ternyata banyak juga yang suka dengan produk ini. Seperti apa sih bagusnya bedak super murah ini?


PURBASARI OIL CONTROL MATTE POWDER

PACKAGING
Kemasan Purbasari Oil Control Matte Powder

Kemasan Purbasari Oil Control Matte Powder terbuat dari plastik dan didesain ramping sehingga pas diselipkan di tas. Jangankan diselipkan di tas, dimasukkan di kantong sakuku pun masih cukup. Sebenarnya model dari kemasan Purbasari Oil Control Matte Powder ini biasa aja, tapi Purbasari cerdas banget pilih warna hitam sehingga terkesan minimalis dan gak terlihat norak.

Kemasan Purbasari Oil Control Matte Powder

Pertama kali melihat kemasan Purbasari Oil Control Matte Powder ini dengan sudut pandang tertentu, aku teringat dengan bentuk UFO. Dan karena didesain dengan model ramping dan mirip-mirip UFO, entah kenapa membuatku merasa nyaman menggenggam kemasan compact powder ini. Setiap kali menggenggamnya, membuatku merasa menjadi personil power ranger yang akan berubah dan menyelamatkan dunia. Ngomong-ngomong dulu waktu masih TK aku ingin jadi ranger hitam, tapi sayangnya di serial tv ranger hitamnya cowok. Hehehe. πŸ˜‚

KLAIM
Menghasilkan tampilan akhir matte sekaligus membantu melembabkan dan mengandung tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar UV. Hydra Series Matte Powder dapat menyempurnakan hasil make up agar lebih tahan lama sekaligus membantu mencerahkan wajah.

INGREDIENTS
Talc, Zinc Oxide, Silica, Diisostearyl Malate, Zinc Myristate, Paraffinum Luquidum, Octyl Methoxycinnamate, Hydrogenated Polyisobutene, Dimethicone, Hydrogen Dimethicone, Metylparaben, Propylparaben, Parfum, Cathamus Tinctorius (Safflower) Seed Oil. May contain: CI 77891, CI 77492, CI 77491, CI 77499

SHADE
Swatch shade honey beige di tangan

Purbasari Oil Control Matte Powder memiliki 4 pilihan shade warna. Shade warnanya antara lain natural, honey beige, cream, dan caramel. Aku membeli bedak ini dengan shade warna honey beige yang sepertinya cocok untuk warna kulit wajahku yang sawo matang.

Gambar sebelum - sesudah menggunakan Purbasari Oil Control Matte Powder

Shade honey beige ini sebenarnya memiliki warna cenderung kecoklatan dengan undertone yellow, jadi seharusnya cocok dengan warna kulitku. Tapi setelah diaplikasikan di wajahku, ternyata warnanya masih terlalu terang dan terkesan 'mbeluk'. Namun setelah beberapa saat, warna bedaknya bisa menyatu dengan warna kulitku sehingga terlihat lebih natural.

REVIEW
Seperti yang aku jelaskan di atas, aku lumayan suka dengan kemasan Purbasari Oil Control Matte Powder ini. Walaupun terkesan biasa aja dan gak "WOW", tapi kemasannya ramping dan enteng jadi mudah dibawa ke mana-mana. Apalagi yang namanya compact powder pasti sudah ada kacanya sekalian, jadi gak usah repot-repot bawa kaca lagi kalau lagi bepergian.

Sesuai dengan klaimnya, bedak ini memiliki hasil akhir yang matte. Jadi setelah pake, wajahku langsung berubah kelihatan matte gitchu. Aku lumayan suka dengan hasil akhir yang seperti ini. Hanya saja dia lumayan mempertegas garis-garis halus di bawah mataku. Supaya gak parah-parah banget kelihatan garis-garis halusnya, sebelum pakai bedak ini wajahku harus benar-benar lembab terutama di bagian bawah mata.

Untuk ketahanannya, dia lumayan oke juga. Tiga jam setelah pakai bedaknya masih nempel di wajahku. Sayangnya, dia ini gampang luntur pas lagi keringetan. Kalau untuk di tempat yang sejuk atau ber-AC sih gak masalah, tapi kalau lagi panas-panasan sepertinya bedak ini gak bakal awet di muka.

CONCLUSION
Sebenarnya aku sempat meremehkan bedak ini. Selain karena harganya terlalu murah, juga karena ada beberapa produk dari Purbasari yang gak cocok di wajahku. Tapi nyatanya Purbasari Oil Control Matte Powder ini cocok-cocok aja di kulit wajahku. Bedak ini tidak membuat wajahku jerawatan ataupun beruntusan seperti halnya saudara-saudaranya yang pernah aku coba.



Kalau dari namanya sebenarnya Purbasari Oil Control Matte Powder diperuntukkan bagi pemilik kulit wajah yang cenderung berminyak. Walaupun begitu, ternyata bedak ini masih oke aku pakai padahal kulit wajahku cenderung kering. Untuk pemilik kulit wajah kering, supaya hasil akhir bedaknya bagus, bisa diakali dengan menggunakan pelembab sebelum menggunakan bedak ini. 

Satu hal lagi yang aku sempat ragukan dari Purbasari Oil Control Matte Powder, yaitu ketahanannya. Aku gak nyangka kalau bedak ini masih menempel dengan bagus di wajahku walaupun sudah 3 jam setelah aku pakai. Ngomong-ngomong ini pakainya waktu di tempat sejuk ya, kalau lagi panas-panasan dan aku banjir keringat bedaknya luntur seketika. πŸ˜‚ Tapi paling tidak bedak ini cocok untuk digunakan bagi yang beraktivitas di ruangan yang sejuk alias ber-AC atau untuk pemakaian sehari-hari di rumah supaya kelihatan syantik di depan suami. Hehehe.

Tuh kan, cantik itu gak selalu mahal. Produk murah pun bisa jadi oke juga. Berani cobain Purbasari Oil Control Matte Powder?

Purbasari
Oil Control Matte Powder
Honey Beige
12 g
IDR 16.000 - IDR 30.000 (tergantung seberapa besar hasrat admin toko daring untuk segera nikah) πŸ˜‚
Lazada | Shopee | Offline Store

NB: Ini sesuai dengan pengalamanku menggunakan produk ini, mungkin beda kondisi dan jenis kulit akan menghasilkan efek yang berbeda.

Wassalamu'alaikum.

  • Share:

You Might Also Like

30 komentar

  1. Wow, Bedak Purbasari Oil Contril Matte powder adalah pilihan yang tepat untuk yang memiliki kulit berminyak. Bedak padat untuk kulit berminyak ini memiliki formula yang matte but not flat. Hasil matte yang dihasilkan sangat cantik dengan natural finish sehingga tidak terlihat cakey.

    Kira-kira bener ngga sih penilaian ku mbak? πŸ€”

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Agus sangat berbakat jadi beauty blogger ternyata. Sekali-kali buat review produk kecantikan dong.πŸ˜‚

      Delete
    2. Lho kan udah review produk kecantikan kemarin yaitu Wardah..😁

      Itu karena aku dibisikkin sama mbak Rey tadi, bisikinnya pakai sedotan.πŸ˜‚

      Delete
    3. Tapi kreatif lho, mas, bisa bikin review model kyk gitu. Lain kali bikin review produk kecantikan lagi ya, mas. Hehehe.πŸ˜‚

      Delete
    4. Rencananya mau bikin review buku atau novel sajalah, kalo produk kecantikan, takut di demo emak-emak, πŸ˜‚

      Delete
    5. Sudah ada pengalaman didemo emak-emak kah, Mas Agus?

      *Kabooooor* πŸƒ

      Delete
    6. Eh eh mbak, sandalnya ketinggalan nih. Kalo mau ditinggal ya dua duanya, jangan satu aja, lumayan buat dijual lagi.😁

      Delete
    7. Gak laku, mas, sendal jepit doang. Eh, tapi lumayan juga buat ganjal pintu. πŸ˜‚

      Delete
  2. Bedaknya whitecast nggak ya mbak? Aku kurang suka deh sama bedak yang fall into fine lines huhu soalnya bagian bawah mataku ada fine linesnya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dia sedikit whitecast, Dyn.
      Nah, sayangnya bedak ini lumayan mempertegas garis-garis halus di bawah mataku. Selain mempertegas garis halus di bawah mata sih sebenarnya aku oke-oke aja sama bedak ini.

      Delete
  3. Purbasari tuh kemasannya emang bikin "underestimate" gitu ya.. ehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bikin underestimate, Mbak, hanya bikin nostalgia jaman kanak-kanak. πŸ˜‚

      Delete
  4. purbasari, wardah. merk lokal yg bagus tapi murahh.. mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok tahu bagus kang, emang udah pernah Makai ya? 😱

      Delete
    2. Memberikan fasilitas untuk orang-orang berdompet tipis supaya tetap bisa bergaya ya, mas.πŸ˜‚

      Delete
    3. Dompet sekarang tipis-tipis soalnya isinya kebanyakan ATM, biar lebih praktis gitu, ngga usah bawa uang banyak ².

      Tapi ngga tahu, itu ATM ada isinya apa ngga..πŸ˜‚

      Delete
    4. Nah itu, jangan-jangan isinya mengharukanπŸ˜‚

      Delete
  5. Kemasannya bagus, terlihat seperti bedak mahal padahal, murah. Produk purbasari ini sudah tak asing lagi bagi sebagian besar orang, pastinya aman ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah terdaftar BPOM, selama belum kadaluarsa insyaallah aman, mas.πŸ˜„

      Delete
  6. bedak favoritku dari awal tahun 2017 sampai awal 2019. shade honey beige juga. yang agak ribet dari bedak ini adalah aplikatornya. Aku gak bisa banget pakai aplikator bawaannya, jd selalu pakai spons lain dan karena ukurannya kecil spons lain banyak yg gak muat (kemasan jd gabisa ditutup).

    Lumayan 2 tahun bertahan karena warnanya cocook bgt, sempet beli bedak lain, tapi selalu balik kesini lagi. Tapi sekarang udah move on sih XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, lumayan sudah eksis lama ya, bedak ini, Mbak. Aku malah baru tahu belakangan ini gara-gara sering buka-buka toko online.πŸ˜‚

      Tapi ini memang lumayan oke lho, untuk harganya yang gak sampai 20ribuan.

      Delete
  7. Ternyata Purbasari ada bedaknya juga yaa mbak. Aku tahu lulurnya doang. Ada yang buat mandi dan kulit juga.😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Produk Purbasari yang paling legendaris memang lulurnya karena ada dimana-mana, mas. Dari toko kelontong sampai supermarket pasti ada lulurnya Purbasari πŸ˜‚

      Delete
    2. Jangan bilang kang satria hobi luluran ya.🀣

      Delete
  8. Wewwww... pas bedak saya habis, pas baca ini, kayaknya pengen nyobain Purbasari dulu deh.
    Btw yang nggak Matte ada ga ya? kulit saya kering soalnya, gawat juga kalau pakai yang matte :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayangnya ini matte doang, Mbak Rey, sesuai namanya. Hehehe.

      Delete
  9. Pernah coba fondinya, cuma bertahan setengah jam. Ya wajar sih semurah itu...

    Dan pengalaman itu bikin gak pengen coba bedaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga kapok sama alas bedaknya, Mbak. Tapi entah kenapa aku tetap aja tertarik coba bedaknya. Alhamdulillah gak separah si alas bedak. Hehehe.

      Delete
  10. Inceranku sejak lama nih, tapi gatau kenapa kok gak kunjung kebeli padahal harganya juga gak mahal-mahal amatπŸ˜‚. Kayaknya ini dikombi sama BB Creamnya bakal cakep.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walah, aku malah belum pernah coba yang BB creamnya. Hayuk cobain, mbak, siapa tau cocok.πŸ˜†

      Delete

Komentar akan dimoderasi. Jadi mohon maaf sekali apabila komentar yang tidak sopan, mengandung kata kasar, menyinggung SARA, spam, dan yang berisi link hidup terpaksa tidak saya terbitkan. Terima kasih sudah mampir dan berkomentar.πŸ˜„