(Review) Wardah - White Secret Pure Treatment Essence

By Roem Widianto - February 26, 2020


Assalamu'alaikum.

Setiap wanita pasti ingin kelihatan cantik walaupun tanpa menggunakan make up. Kalau kata orang sih, cantik natural gitu. Salah satu cara paling efektif untuk bisa jadi cantik natural adalah menggunakan skincare secara rutin. Oleh karena itu belakangan ini skincare routine menjadi hal yang harus dilakukan oleh kebanyakan kaum wanita.

Ngomong-ngomong, aku ini adalah seorang wanita dan aku juga ingin bisa nampak syantik natural supaya tambah disayang suami. Seperti halnya kebanyakan kaum wanita, aku pun juga menjalani skincare routine. Hanya saja skincare routine yang aku lakukan sangatlah dasar sekali. Cleansing, Toning, Moisturizing, dan Protecting atau yang biasa disebut dengan CTMP. Benar-benar basic sekali.

Alasanku menggunakan basic skincare adalah karena kulit wajahku gak terlalu bermasalah. Okay, wajahku memiliki banyak bekas jerawat, tapi aku yakin hanya dengan basic skincare yang aku pakai bekas jerawat ini sedikit demi sedikit akan memudar. Dan itu terbukti dengan bekas jerawat yang aku punya sudah jauh memudar daripada sebelum aku rutin menggunakan basic skincare

Aku sadar, bahwa zaman sekarang produk skincare gak se-terbatas itu. Sekarang produk skincare begitu beragam, gak hanya produk cleanser, toner, moisturizer, dan sunscreen doang. Dan belakangan ini aku pun mulai tergoda ingin mencoba salah satu bentuk skincare yang belum pernah aku coba. Hanya saja bingung mau coba yang mana dulu, saking banyaknya macam skincare yang belum pernah aku coba. Hehehe.

Untung saja beberapa waktu yang lalu aku mendapat kiriman socobox yang salah satu isinya adalah Wardah White Secret Pure Treatment Essence. Sesuai namanya, dia adalah salah satu produk essence milik brand Wardah. Dan ngomong-ngomong, ini merupakan salah satu bentuk skincare yang aku ingin coba. Mendapatkan produk ini secara gratis benar-benar merupakan suatu kebetulan yang menyenangkan bagiku.

PACKAGING
Wardah White Secret Pure Treatment Essence memiliki dua varian ukuran yaitu, 50 ml dan 100 ml. Kali ini aku mendapat yang ukuran 50 ml. 

Kemasan Wardah White Secret Pure Treatment Essence
Wardah White Secret Pure Treatment Essence dilengkapi dengan box yang minimalis tetapi informatif. Minimalis karena box didominasi dengan warna putih dan silver saja. Sedangkan informatif, karena di box sudah lengkap sekali akan penjelasan tentang produk ini. Penjelasannya pun menggunakan dua bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Jadi untuk teman-teman yang tidak bisa berbahasa Indonesia, jangan khawatir, karena penjelasan di box Wardah White Secret Pure Treatment Essence sudah ada keterangan berbahasa Inggris yang memudahkan kalian mengetahui apa saja bahan dan manfaat yang terkandung dalam produk ini. Ngomong-ngomong, model box yang minimalis dan informatif ini adalah ciri khas dari produk-produk Wardah White Secret Series.

Kemasan dari Wardah White Secret Pure Treatment Essence berupa plastik kokoh berbentuk tabung yang berwarna transparan doff dan memiliki tutup berwarna silver. Berbeda dengan box nya yang amat sangat informatif, dalam kemasan tabung ini hanya menampilkan informasi yang dikira penting saja, yaitu nama produk, cara pakai, batch product, dan expired date saja. Aku suka dengan model kemasan seperti ini karena membuatnya terlihat minimalis dan lebih mewah.

Kemasan Wardah White Secret Pure Treatment Essence
Karena milikku memiliki ukuran 50 ml, jadi sangat mudah untuk dibawa berpergian. Kemasannya yang terbuat dari plastik yang kokoh, membuatku gak khawatir apabila produk ini tidak sengaja terbanting atau terjatuh. Karena aku yakin dengan kemasan model seperti ini membuatnya tidak gampang pecah. 

Lubang kecil Wardah White Secret Pure Treatment Essence
Oh ya, Wardah White Secret Pure Treatment Essence ini memiliki lubang kecil untuk mengeluarkan produknya. Dan ngomong-ngomong, dengan lubang kecil ini memudahkan kita untuk mengeluarkan produknya sesuai dengan keinginan kita tanpa takut kebanyakan mengeluarkan produknya.

INGREDIENTS
Aqua, Niacinamide, Methyl Gluceth-20, Dipropylene Glycol, Phenoxyethanol, Glycerin, Butylene Glycol, Allantoin, Propanediol, Disodium EDTA, Sodium Metabisulfite, Glycereth-26, Leontopodium Alpinum Extract, Ethylhexylglycerin, Citric Acid, Hydroxypropyl Cyclodextrin, Sodium Hyaluronate, Adenosine, Actinidia Polygama Fruit Extract, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate, Xanthan Gum, Caprylhydroxamic Acid.

KLAIM
"Wardah White Secret Pure Treatment Essence yang mengandung ekstrak Silver Vine dalam Advanced White Specific System dan ekstrak Edelweiss yang dikenal sebagai bunga yang mampu bertahan pada kondisi cuaca ekstrim dan radiasi sinar UV, dapat membantu mengembalikan cerahnya kulit yang memudar akibat perubahan cuaca dan polusi. Dengan teknologi Skin Awakening System dari vitamin B3, Adenosin, dan Sodium Hyaluronate, bantu mencerahkan dan menjaga hidrasi kulit secara optimal sehingga mampu menyerap kebaikan yang ditawarkan oleh alam. Kulitmu kini nampak lebih bercahaya, halus dan translucent. Kulit menjadi tampak lebih cerah alami."

TEKSTUR DAN BAU
Wardah White Secret Pure Treatment Essence memiliki tampilan bening seperti air. Sedangkan teksturnya cair namun sedikit lebih kental daripada air. Ketika dibaurkan, essence ini sangat cepat sekali meresap ke dalam kulit.

Untuk masalah bau, aku tidak merasa ada yang aneh dengan baunya. Tidak ada bau wangi, karena memang Wardah White Secret Pure Treatment Essence tidak mengandung bahan parfum di dalamnya. Namun ada beberapa orang yang bilang kalau produk ini memiliki bau yang kurang enak seperti ban yang dibakar, atau seperti besi berkarat, atau bau-bau yang tidak enak lainnya. Tapi aku malah gak mencium bau apa-apa di produk ini. Mungkin tergantung dengan ketajaman indra penciuman masing-masing orang.

REVIEW
Pasti banyak yang tidak asing dengan bahan yang bernama Niacinamide alias vitamin B3, bukan? Niacinamide merupakan salah satu bahan yang banyak digunakan di dalam produk kecantikan. Manfaat dari bahan ini adalah untuk mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam. 

Aku merupakan salah satu orang yang suka dengan adanya Niacinamide di rangkaian skincare ku karena aku memang cocok dengan bahan ini. Produk-produk skincare ku yang terdapat Niacinamide di dalamnya memberikan efek positif di kulit wajahku. Dan yang membuatku lebih bahagia, Niacinamide juga merupakan bahan utama dalam produk Wardah White Secret Pure Treatment Essence ini.


Tiga minggu menggunakan Wardah White Secret Pure Treatment Essence secara rutin di siang dan malam hari sudah cukup membuatku menyadari perubahan yang ada di wajahku. Setelah tiga minggu itu, aku merasa wajahku lebih cerah daripada sebelum menggunakan produk ini. Bekas jerawat yang aku punya juga nampak sedikit lebih memudar. 


Tapi perlu digarisbawahi lagi ya, bahwa ketika aku menggunakan produk ini, aku juga menggunakan produk-produk lain yang sama-sama mengandung Niacinamide dan memiliki klaim yang sama juga, yaitu mencerahkan wajah dan menyamarkan noda hitam. Jadi menurutku, Wardah White Secret Pure Treatment Essence ini juga mendukung efektifnya manfaat dari produk-produk lain yang aku pakai. 

Karena aku merasa Wardah White Secret Pure Treatment Essence efektif dalam membantu memaksimalkan manfaat dari produk skincare yang aku pakai, jadi aku menggunakan produk ini setelah mencuci wajah dan sebelum menggunakan produk skincare lainnya. Tujuannya jelas, supaya skincare yang aku gunakan selanjutnya bisa lebih efektif mashooook ke dalam kulit wajahku.

Biasanya produk essence seperti ini juga bisa digunakan sebagai pengganti hydrating toner karena juga memiliki manfaat untuk melembabkan kulit. Tapi sayangnya Wardah White Secret Pure Treatment Essence kurang cukup melembabkan untuk kulitku yang memang bertipe kering. Jadi setelah menggunakan produk ini aku tetap menggunakan hydrating toner ku lalu dilanjutkan dengan step skincare yang biasanya aku lakukan.


CONCLUSION
Walaupun kurang cukup melembabkan kulitku, tapi aku tetap suka dengan Wardah White Secret Pure Treatment Essence. Itu karena produk ini membuat kulit wajahku nampak lebih cerah dan bekas jerawat yang aku punya juga sedikit lebih memudar. Selain itu dia juga tidak memberikan efek negatif di kulit wajahku seperti menimbulkan jerawat atau beruntusan.

Selain itu, Wardah White Secret Pure Treatment Essence juga memiliki harga yang amat sangat terjangkau jika dibandingkan dengan produk yang sejenis dengannya. Jadi dengan munculnya produk ini membuat banyak orang bisa mencoba menggunakan essence alias salah satu bentuk skincare yang lagi hits saat ini. Walaupun harganya terjangkau, tapi nyatanya manfaatnya pun lumayan oke, lho. 

Ngomong-ngomong produk ini juga tersedia dijual di Sociolla. Dan kalian bisa memanfaatkan kode voucher SBN0FK untuk mendapatkan potongan Rp 50.000 untuk pembelanjaan minimal Rp 250.000.

Wardah
White Secret Pure Treatment Essence
50 ml
IDR 80.000
Lazada | Sociolla | Shopee | Offline Store

NB: Ini sesuai dengan pengalamanku menggunakan produk ini, mungkin beda kondisi dan jenis kulit akan menghasilkan efek yang berbeda.

Wassalamu'alaikum.

  • Share:

You Might Also Like

37 komentar

  1. Habis baca review Wardah White Secret Pure Treatment Essence ini kok yang aku pikirkan bukan mau beli, tapi kira-kira bisa dibuat cerpen apa ngga ya? 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus banget pake brand Wardah ya, mas? Hehehe.😂

      Delete
  2. Sepi amat belum ada yang datang, mana tengah malam, malam Jumat pula, kabur ah.😱

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jiah, tumben ngga ada yang dibalas komentar nya, sepertinya ada beberapa kemungkinan.

      1. Kuota Ngga ada
      2. Belum gajian
      3. Sibuk nyuci piring
      4. Sibuk ngepel
      5. Sibuk nyerika
      6. Sibuk ngangkat jemuran
      7. Sibuk kerja
      8. Lagi ngejar setoran
      9. Jalan jalan ke pantai
      10. Jalan jalan ke gunung
      11. Isi sendiri.😛

      Delete
    2. Maklum lagi pulang kampung, mas, jadi slow respon.😂

      Delete
    3. Owh pulang kampung ya, kirain lagi banyak kerjaan mbak.

      Jadi sekarang sudah pulang ke Burkina Faso ya mbak.😂

      Delete
    4. Lagi marak Corona, mas Agus, gak berani bepergian terlalu jauh.😂

      Delete
  3. Produk lain yg mba pakai apa? Aku emang lagi cari serum atau essense yg bisa mencerahkan nih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau essence sementara ini cuma pake punyanya Wardah ini, mbak.😄

      Delete
  4. Replies
    1. Wardah is an indonesian local cosmetic brand and actually I don't know it already available in other country or not. Hehehe.😂

      By the way, thanks for visiting my blog.😄

      Delete
  5. Aku juga ngerasain sedikit pudar jerawat ku sejak nambahin essence ini mba. Cuma ya gak langsung bebles gitu, butuh waktu juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau produknya bisa bikin bekas jerawat hilang seketika dalam jangka waktu singkat malah patut dicurigai, Mbak. Itu produk kecantikan beneran
      atau abal-abal. Hehehe. 😄

      Delete
  6. Wah, kok aku pengen ya. Jerawatku nggak ilang2 soalnya. Huhu... Tapi, takut nggak cocok. Aku selama ini pake produk lain sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayangnya essence nya Wardah ini cuma bisa untuk menyamarkan noda bekas jerawat sedikit demi sedikit, Mbak. Kalau untuk menyembuhkan jerawat sepertinya belum bisa. 😄

      Delete
    2. Kayaknya memang perlu menyamarkan noda bekas jerawat pelan-pelan deh Mbak.
      Aku tipe yang nggak gampang jerawatan sih, setelah bekas jerawat lamaku menyamar sedikit demi sedikit, pasti enak. Hoho... :)

      Thanks ya Kak.

      Aku penasaran sama Wardah soalnya, tapi selama ini nggak terlalu ngerti make up. Haha...

      Delete
    3. Wah, boleh dicoba kalau gitu, mbak. Ini punya klaim menyamarkan flek dan bekas jerawat. Kalau di aku sih sedikit demi sedikit bekas jerawat memang mulai memudar.😄

      Delete
  7. Tapi cuma gara2 Wardah White Secret Pure aku dimarahin istri mbak.🤯🤯🤯

    Soalnya saya kasih anak saya yang umur 4 tahun sama dia dibanting2...Sudah bosan dibuang sama tuh anak..😲🤣🤣🤣🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurin dah, kenapa ngga kasih hp saja kang? Anak empat tahun kan biasanya suka hp.

      Apa karena banyak chat nganu nya ya, ntar ketahuan anak dan dilaporkan ke emaknya.😂

      Delete
    2. Boleh dicoba tuh, Mas, anaknya kasih hape saja. Biar gak mainan make up nya mamanya.😆

      Delete
    3. hahahaha, ketahuaaannn Si Kang Satria tuh, sengaja ngasih Wardah ke anaknya, soalnya anaknya minta hape, masih kudu hapusin pesan-pesan rahasia dulu ya, hayooo ngaku! :D

      Delete
    4. Yaampun ngakak aku. 😂😂😂
      Benarkah begitu mas Satria?😂

      Delete
  8. Temen kantorku ada yg pke ini mbak. Dan emg keliatan makin cerah sih, jd kepincut nih pengen nyobain. Hhh

    ReplyDelete
  9. harganya 80k itu termasuk murah ya mba? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Murah bingits mas, kalau dibandingkan dengan punyanya brand Korea.😂

      Delete
  10. Sudah seminggu kok belum update mbak Roem, apa kuota habis? 😱

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bingung mau nulis apa, mas. Hehehe.😂

      Delete
    2. Makanyaaa, beliin kuota dong, saya juga mau dong dibeliin kuota hahaha

      Delete
    3. Iya nih, Mbak Rey. Sepertinya mas Agus lagi banyak rezeki dari adsense tuh. Hehehe.🤭

      Delete
  11. Wardah ituuuhh murah meriah hihihi.

    Halal pula.

    Saya udah lama dong mau make ini, sejak saya cobain facial washnya, kenyataannya, pas buka sociolla malah kejebak dengan skinker merek lain :D

    saya nih gonta ganti mulu skinkernya, soalnya belum nemu yang bener-bener bikin jatuh cinta banget sih, misal SKII tapi diskon 99% selalu hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku skincare yang cocok pasti bakal beli lagi, Mbak. Tapi lihat-lihat ada diskon apa nggak. Kalau pas habis dan gak ada diskon ya akhirnya beli yang ada diskonannya. Hehehe.😂

      Delete
  12. Wah, ini ada Niacinamide di urutan kedua ingre list nya, kayaknya mantep banget. Aku belum coba yg ini, tapi asli sih, aku penasaran banget. Katanya oke dan harganya juga gak mahal2 amat.

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi. Jadi mohon maaf sekali apabila komentar yang tidak sopan, mengandung kata kasar, menyinggung SARA, spam, dan yang berisi link hidup terpaksa tidak saya terbitkan. Terima kasih sudah mampir dan berkomentar.😄