Aplikasi Berfaedah Saat Gak Bisa Ke Mana-Mana

by - April 29, 2020


Assalamu'alaikum.

Sebel banget deh, sama Corona. Gara-gara dia, kita-kita jadi gak bisa ngemol, gak bisa cangkruk di angkringan, gak bisa berkunjung ke rumah saudara, gak bisa mudik. Gak bisa ke mana-mana. Pokok harus di rumah teruuuuuuus.


Gapapa sih, di rumah aja. Tapi kan kadang rasa bosan muncul. Syukur-syukur kalau di rumah personilnya ada banyak. Bisa rame-ramean, bisa saling curhat, bisa ngobrol, bisa main board game bareng. Lha kalau seumpamanya lagi ngekos sendiri? Pasti berasa lagi dipenjara tuh. Tinggal duduk mojok di kamar, sambil dihiasi dengan suara tangis kecil sesenggukan. Lengkap sudah ngenesnya.

Eh, tapi jangan khawatir. Walaupun di rumah aja, kita tetep bisa ngapa-ngapain, kok. Iya, kita tetap bisa happy walaupun waktu kita banyak buat rebahan. Caranya adalah dengan punya smartphone. Hari gini gitu lho, semua orang pasti punya smartphone. Artinya semua orang juga bisa tetap happy walaupun gak ke mana-mana. Lalu tinggal pasang aplikasi-aplikasi ini deh untuk mencerahkan harimu.


WhatsApp

pexels/Anton
Kalian di perantauan? Tapi gak bisa pulang kampung gara-gara Corona? Tapi kangen buanget sama orang tua? Jangan khawatir! Pasang aplikasi ini. Eh, lagian gak usah disuruh pasang juga kalian pastinya sudah punya aplikasi ini di smartphone kalian masing-masing. Iya, kan? Soalnya menurutku aplikasi ini adalah aplikasi sosial yang banyak banget dipakai di Indonesia. Yang punya smartphone kemungkinan besar pasti punya WhatsApp.

Dengan aplikasi ini kita semua masih bisa bersosialisasi. Jarak fisik boleh berjauhan, tapi hubungan sosial harus tetap lanjut. Kan kata guru sosiologi kita ini makhluk sosial. Jadi layaknya makhluk sosial, kita juga harus tetap bersosialisasi. Salah satunya menggunakan aplikasi ini.


Dengan aplikasi ini kita bisa puas chat dengan orang-orang tersayang. Kita bisa saling menanyakan kabar, saling mengingatkan untuk jaga kesehatan dan jaga jarak, dan lain sebagainya. Kalau masih kangen juga, kita bisa langsung video call lewat aplikasi ini.

Shopee

Ini aplikasi belanja online favoritku. Dengan Shopee aku gak perlu keluar rumah untuk belanja bulanan. Tinggal belanja di kasur aja sambil rebahan. Setelah itu tinggal tunggu kurir datang sambil teriak "Paket pakeeeeet". Nah, paketnya udah datang. Belanja gak capek, gak melanggar himbauan pemerintah pula. Ngomong-ngomong di Shopee ini juga banyak promo gratis ongkir pula lhooooo. Walaupun gratis ongkirnya cuma Rp 20.000 tapi lumayan banget. Bisa lebih hemat. Hehehe.


Mobile Banking

Kalau belanjanya pakai Shopee, bayarnya belanjaan itu aku biasa pakai aplikasi mobile banking. Mobile banking ini merupakan sebuah fasilitas dari bank yang memungkinkan kita bisa menggunakan dana di tabungan kita hanya dengan melalui ponsel. Jadi salah satu contohnya kalau mau belanja online nih, bayarnya cukup lewat smartphone aja kalau punya mobile banking. Jadi kita gak perlu susah-susah keluar rumah cari ATM atau ke minimarket lagi.

Selain itu dengan mobile banking kita juga bisa melakukan hal lain. Seperti kirim uang buat orang tua di kampung, beli pulsa, beli token listrik, bayar BPJS, bayar zakat, dan lain sebagainya. Sangat memudahkan kita di saat gak bisa keluar rumah, kan? Tapi sayangnya untuk bisa mengakses mobile banking ini kita memerlukan bantuan dari customer service-nya bank dulu. Jadi harus ke bank dulu buat ngurus mobile banking, baru deh mobile banking nya bisa dipake.


YouTube Go

pixabay/USA-Reiseblogger
Bosen sama acara yang ada di TV? YouTube adalah jawaban dari kegundahan kalian. Kita bisa mencari video apapun di YouTube. Mulai dari kajian, tutorial memasak, kecantikan, sampai acara prank. Pokok dari yang berfaedah sampai yang unfaedah semuanya ada deh di YouTube.

Ketika kita bisa mencari banyak hal di YouTube, itu artinya ada yang harus kita korbankan untuk mengaksesnya. Iya, kuota. Nonton YouTube pasti bisa menghabiskan kuota internet kita. Nah, kalau pengen lebih hemat, kita bisa pakai YouTube Go.

Dengan YouTube Go, kita bisa memilih kualitas video yang akan kita tonton. Semakin tinggi kualitas videonya, maka akan menghabiskan kuota yang semakin banyak pula. Jadi oke banget buat yang missqueen kuota seperti aku, soalnya bisa pilih nonton YouTube pake kualitas video yang rendah aja. Supaya kuota hemat, gitchuuu.

Kalau ada video yang menari tapi lagi sibuk, alias mau nonton nanti aja, bisa download kok. Jadi kita bisa nonton video hasil download-an kita berkali-kali kapan aja kita mau tanpa harus korbankan kuota lagi. Bahkan saat offline pun tetap bisa nonton, asal videonya sudah di-download.

Cookpad

Pixabay/Free-Photos
Saat gak bisa ke mana-mana kayak gini, yang repot tuh pasti emak-emak. Soalnya anak dan suami pada makan teroooooos. Jadi emaknya juga harus masak teroooooos. Kalau si emak jago masak sih gakpapa. Reportnya kalau skill masak seadanya, ditambah kehabisan ide buat masak pula.

Kalau sudah gitu, mending pasang deh aplikasi cookpad. Di sana banyak banget akun yang membagikan resep makanan. Jadi makanan apapun pasti resepnya ada di cookpad. Tinggal cari menu yang sesuai dengan persediaan yang ada di dapur, deh.

Aplikasi Game

pexels/Brata Dudova
Ini adalah aplikasi andalan saat rasa bosan mulai melanda. Saking banyaknya aplikasi game di play store, aku sampai tidak bisa menuliskan rekomendasi game buat kalian. Soalnya selera game orang kan beda-beda. Ada yang suka game online, ada yang suka game offline. Kalau aku pribadi lebih suka yang offline. Soalnya kan aku kaum missqueen kuota. 


Tuh, kan. Kita tetap bisa ngapa-ngapain walaupun di rumah aja. Kan semuanya ada di genggaman tangan kita. Maksudnya kan ada smartphone. Jadi pasanglah aplikasi-aplikasi berfaedah di smartphone kita masing-masing. Supaya saat gak bisa keluar rumah gini kita juga gak mati gaya. Setuju gak, rek? Hehehe.

Kalau kalian suka pakai aplikasi apa nih, kalau lagi di rumah aja?

Wassalamu'alaikum.

You May Also Like

22 komentar

  1. dirumah aja memang harus diisi dengan kegiatan yang membuat kita tetap happy ya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yak betul, Mbak. Kalau diem aja nanti malah bosen dan tergoda jalan-jalan keluar rumah.🤭

      Delete
  2. Gunain aplikasi blogger aja yang kugunain buat ngisi waktu stay at home, kak.
    Mau ngegame ngga mahir, jadinya ngga punya aplikasi game ☺️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah gak punya aplikasi blogger, mas. Buka blognya cuma lewat chrome doang. Hehehe.

      Delete
  3. TOS mbak, aku juga pakai shopee soalnya bisa belanja online gratis ongkir.

    Di shopee gratis ongkir ngga semuanya 20 ribu, ada juga yang cuma 10 ribu kalo cuma belanja 30 ribu. Kalo yang belanjanya sampai 90 ribu baru gratis ongkir 20 ribu. Ada sih yang sampai 50 ribu gratis ongkir nya tapi toko tertentu.

    Kalo aku lagi nungguin gratis ongkir Rp 0, jadi belanja Rp 99 nanti bisa dapat baju, cincin, sepatu, rice cooker, hape dll.😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, serius mas, belanja 99 rupiah bisa dapat baju, cincin, sepatu, rice cooker, dll? Wah, harus ikutan juga nih aku.😆

      Delete
  4. Aplikasi yang paling sering saya buka dari list di atas itu Cookpad untuk ujicoba resep-resep yang ada dan Youtube untuk dengar playlist musik mba :D sisanya lebih sering buka blog untuk baca tulisan teman-teman atau Netflix dan Viu untuk cari tontonan :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, samaan nih, mbak pake cookpad. Tapi lumayan asik juga ya, coba-coba resep baru. Sekalian bisa meningkatkan kemampuan memasak pula. Kalau YouTube sih aku biasanya buat buka channel kajian, supaya senantiasa memperbarui iman, biar gak khilaf terus-terusan.😂

      Delete
  5. aplikasi buang buang waktu bangt ya mba, sekalian nunggu waktu buka hehe

    ReplyDelete
  6. Apa ada bedanya aplikasi YouTube sama YouTube Go, mbak? Soalnya aplikasi yang ada di hp saya hanya aplikasi YouTube

    Lebih enak game offline daripada game online soalnya gak terpengaruh dengan sinyal jadi mainnya lancar jaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bedanya kalo YouTube go itu bisa buat download mas Herman, jadi ngga semua video ada di YouTube go terutama yang ada hak cipta nya,

      Delete
    2. @Mas Herman: nah itu sudah dijawab mas Agus, mas. Selain itu kalau YouTube Go bisa memilih kualitas video. Semakin bagus kualitas video, artinya semakin menghabiskan banyak kuota internet. Nah, jadi kalau mau irit tinggal pilih yang kualitas videonya rendah aja. Hehehe

      @Mas Agus: Wah, baru tau ternyata yang ada di YouTube gak semuanya ada di YouTube Go ya, mas?

      Delete
    3. Di aplikasi YouTube juga ada tombol download-nya dan ada 3 pilihan kualitas videonya, tinggi, sedang dan rendah. Berarti bedanya cuma video yang ada di YouTube belum tentu ada di YouTube Go.

      Delete
    4. Masih beda, Mas Herman. Kalau YouTube kan bisanya pilih kualitas video pas download doang. Nah yang YouTube Go walaupun cuma nonton videonya, gak ada niatan download, tetap bisa pilih kualitas video yang rendah. Gitchuuu.🤭

      Delete
    5. Oh jadi perbedaannya hanya itu, oke terima kasih infonya dan seperti saya lebih suka pakai aplikasi YouTube daripada YouTube Go.

      Delete
  7. Dari aplikasi yang disebutkan mbak Roem, saya cuma pakai Whatsapp. Itu aja udah nguras memori handphone 😅

    Oya, selama ini saya kalau ngakses Youtube pakai browser (Chrome). Pengalaman sih, kuota yang dimakan ga banyak. Mungkin karena kualitasnya nggak setinggi kalau pakai aplikasi ya.

    Buat saya yang memori handphone-nya minimalis gini, saya lebih prefer mengakses lewat browser daripada instal aplikasi.

    Ya mungkin tar kalau udah ganti iphone (aammiin) lain ceritanya hehehe.... .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Semoga segera bisa ganti handphone jadi iPhone ya, mas.

      Eh, tapi kalau lewat YouTube Go bisa lebih hemat lho, mas. Soalnya bisa milih kualitas video dari kualitas rendah sampai kualitas tinggi. Yang kualitas rendah ini kualitas videonya lebih rendah daripada yang di browser. Jadi kelihatannya lebih hemat juga daripada pakai browser, mas. 🤭

      Delete
  8. Wah aku baru tau kelebihannya youtube go wekekek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma biar hemat kuota aja, Mbak. Kekurangannya banyak. Soalnya gak semua fitur di YouTube ada di YouTube Go.😂

      Delete
  9. Palingan yutub aja sm aplikasi wa mbak, kalo si yutub palingan dengerin podcast ato lagu" doank, sama blogger juga, ya kayak gini baru bisa bales kalo lagi ada waktu senggang, wuiih sok sibuk akuutuu 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah gak punya aplikasi blogger, Mbak Hen. Ngeblog aja cuma modal chrome doang. Hehehe.

      Eh, tapi orang-orang belakangan ini suka dengerin podcast ya, Mbak. Sering banget aku denger istilah itu belakangan ini. Jadi pengen ikut dengerin juga.😆

      Delete

Komentar akan dimoderasi. Jadi mohon maaf sekali apabila komentar yang tidak sopan, mengandung kata kasar, menyinggung SARA, spam, dan yang berisi link hidup terpaksa tidak saya terbitkan. Terima kasih sudah mampir dan berkomentar.😄