Makhluk Gaib Jahanam Itu Bernama Virus Corona

by - April 20, 2020


Assalamu'alaikum.

"Apa? Makhluk gaib? Gak salah nih, mau ngomongin masalah persetanan? Udah mau jadi dukun, Rum?"

Iya. Gak salah, kok. Kali ini aku mau bahas tentang satu jenis makhluk gaib. Tapi ya bukan berarti aku pengen jadi dukun juga, kali. Aku sama setan aja takut, kok mau jadi dukun. Bukannya mengusir setan, aku kayaknya yang bisa diusir mereka. πŸ˜…

Kalau berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gaib bisa diartikan sebagai tidak kelihatan, tersembunyi, atau tidak nyata. Berarti semua hal yang tidak kelihatan bisa juga dikatakan sebagai hal gaib. Begitu juga makhluk, makhluk yang tidak kelihatan juga bisa disebut dengan makhluk gaib. Padahal kan di dunia ini banyak banget makhluk yang gak kelihatan, oksigen adalah salah satu contohnya. Tiap hari kalian menghirup oksigen, tapi emang kalian bisa lihat oksigen? Jadi sudah jelas, kan, kalau yang termasuk makhluk gaib ini gak cuma setan doang. Jadi jangan harap kalian bisa menemukan cerita-cerita tentang Abang Pochi (poc*ng), Mbak Kunti (kunti*anak), Mas Wowo (genderuw*), dan kawan-kawannya di tulisanku kali ini. 

DASAR, MAKHLUK GAIB JAHANAM!

Serius, aku kesel banget sama makhluk gaib ini. Kalau Abang Pochi cuma membuat takut masyarakat Indonesia, makhluk gaib yang satu ini bisa membuat takut banyak umat manusia di seluruh dunia. Tuh, kan, dia ini lebih setan daripada setan beneran. Dasar, makhluk gaib Jahanam! Eh, ngomong-ngomong tadi aku udah bilang gak bakal ada Abang Pochi cs, ya? Tapi udah terlanjur ditulis juga. Biarin aja kali, ya. Hehehe.😬

Gimana gak bikin banyak umat manusia di seluruh dunia takut, lha wong makhluk gaib ini sudah menyerang bahkan membunuh banyak orang di seluruh dunia. Gak cuma itu, dulur-dulur. Makhluk gaib ini juga memberikan dampak negatif lain. Banyak orang yang penghasilannya berkurang dan bahkan sampai kehilangan penghasilannya sama sekali gara-gara makhluk gaib ini. Bukan hanya ekonomi dalam negeri, bahkan ekonomi seluruh dunia jadi lesu gara-gara makhluk gaib ini. Benar-benar jahanam, bukan?

MAKHLUK GAIB JAHANAM INI BERNAMA VIRUS CORONA

Apa kalian sudah bisa menebak siapa makhluk gaib jahanam yang aku sebut-sebut dari tadi?

Iya, benar. Dialah Novel Coronavirus (nCoV) atau supaya lebih akrab kita sebut saja dia dengan nama virus corona. Mungkin kalian sudah tau siapa makhluk gaib jahanam yang aku maksud sejak awal membaca tulisanku kali ini. Gimana tidak? Lha wong di judul aja sudah terpampang jelas nama virus corona kok. Hehehe.πŸ˜‚

Yang membuatku dari tadi menyebut-nyebut virus corona ini dengan istilah makhluk gaib adalah karena memang virus corona merupakan makhluk yang tak kasat mata. Namanya juga virus, jadi ya gak kelihatan dengan mata telanjang, lah. Kalau ada dukun yang ngaku-ngaku bisa melihat virus corona dengan mata telanjang, aku yakin dukun itu sedang ngibul.  

VIRUS CORONA & COVID-19

Banyak dari kita yang bingung dengan virus corona dengan covid-19. Lhah, bukannya sama aja? Cuma beda penyebutan aja? Tidak begitu, Paijo Ferguso. 

Virus Corona atau yang secara medis dikenal sebagai novel coronavirus (nCoV) adalah nama sebuah virus. Virus ini jika menyerang makhluk hidup, khususnya manusia, akan menimbulkan suatu penyakit. Penyakit yang disebabkan oleh virus inilah yang kondang disebut-sebut dengan istilah covid-19. Sudah jelas ya, rek, covid-19 ini bukan nama virus melainkan nama penyakit.

CARA PENYEBARAN VIRUS CORONA

Kita semua sudah tau, kalau covid-19 ini penyakit yang cukup berbahaya. Dikatakan berbahaya karena memang penyakit yang diakibatkan virus corona ini bisa sampai menyebabkan hilangnya nyawa. Selain itu obat yang efektif untuk mengobati penyakit ini juga belum ditemukan. Jadi penting sekali kita mengetahui tentang cara penyebaran virus jahanam ini.

Cara penyebaran virus corona adalah melalui droplet. Droplet itu adalah cairan yang keluar ketika orang sedang batuk atau bersin. Kalian pasti pernah kan, ngobrol sama orang yang kalau ngomong kadang air liurnya sampai muncrat-muncrat? Atau malah kalian yang seperti itu? Nah, virus corona ini bisa jadi ada di air liur yang muncrat-muncrat itu. Oleh karena itu penting sekali kita patuh pada himbauan pemerintah untuk jaga jarak fisik.


Karena virus corona bisa jadi ada di cairan yang keluar saat bersin, maka kita perlu lebih hati-hati lagi. Itu karena ketika bersin, cairan berisi virus itu bisa menyebar ke benda-benda sekitarnya. Virus yang menempel pada benda sayangnya tidak begitu saja mati. Dia masih bisa bertahan di benda itu. Nah, penularan bisa terjadi jika kita memegang benda yang sudah terdapat virus corona nya dan dengan tangan kita yang ada virusnya, dengan pedenya kita malah ucek-ucek mata, cari upil, atau mencabut sisa makanan yang nyelip di sela-sela gigi tanpa cuci tangan terlebih dahulu.

***

Virus corona ini memang adalah makhluk gaib yang jahanam sekali. Sudah menyerang banyak orang, bisa bikin orang meninggal, sampai-sampai bisa bikin orang jadi pengangguran lagi. Jadi mari kita berdoa bersama-sama semoga pandemi virus jahanam ini segera berakhir. Jaga kesehatan ya, rek. Jangan lupa juga untuk jaga jarak dan sering-sering cuci tangan.

Wassalamu'alaikum.


Sumber:
https://kbbi.web.id/gaib.html
https://amp.kontan.co.id/news/ini-delapan-dampak-negatif-bagi-perekonomian-indonesia-akibat-wabah-virus-corona
https://www.covid19.go.id/tanya-jawab/
https://amp.suara.com/health/2020/03/02/141500/bukan-udara-virus-covid-19-menyebar-lewat-droplet-dari-batuk-dan-bersin
https://www.bbc.com/indonesia/dunia-52295243

You May Also Like

20 komentar

  1. Kata siapa belum ada obatnya, katanya kemarin ada pakar ilmu gaib yang ngaku sudah punya obat Corona lho, coba aja cari, bahkan pasiennya udah antri selama setahun padahal obatnya belum terdaftar di KUA, eh BPOM maksudnya.πŸ˜‚

    Oh, jadi bedanya novel coronavirus dan novel detektif Conan itu disitu ya mbak. Suwun mbak atas infonya, jangan klik iklannya ya 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, tunggu setahun dulu ya, mas, baru dapat obatnya? Jangan-jangan belum dapat obat dari pakar ilmu gaib itu, eh pandeminya udah berakhir duluan. πŸ˜‚

      Delete
    2. Begitulah, tapi sepertinya pandemi belum tentu reda dalam setahun sih. Kan buat vaksin virus Corona sekitar setahun, produksi massal bisa setengah tahun, distribusinya setengah tahun. Jadi sekitar dua tahun kali ya.😱

      Delete
    3. Wah, berarti masih lama. Jadi takuuuut.😱😱😱😱

      Delete
  2. Semoga makhluk jahanam segera minggat ....
    Kesal rasanya gegara makhluk itu, kita semua jadi kena imbasnya.
    Mau ngupil aja serem duluan,eh# πŸ˜„πŸ€­

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngupil nya pakai sedotan aja mas biar aman.πŸ˜…

      Delete
    2. @Mas Himawan: Iya nih, mas. Mau ngupil, tangan harus bersih dulu. Minimal pakai hand sanitizer lah. Setelah pakai hand sanitizer, tangan belum kering udah keburu ngupil alhasil lubang hidung panas.πŸ˜‚

      @Mas Agus: kira-kira sedotannya perlu dicuci dulu biar steril gak, mas?🀭

      Delete
    3. Ngga mbak, cukup dijilati aja.πŸ˜‹πŸ˜‚

      Delete
    4. Nganu, mas. Yang dijilati sedotannya apa upilnya, mas? πŸ˜‚

      Delete
  3. Virus Corona benar-benar sangat menyeramkan lebih menyeramkan dari makhluk gaib di film dan di sinetron sampai ngupil pun dibuat was-was padahal ngupilnya pakai tangan sendiri bukan tangan pinjaman..(bingung) πŸ€”

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sungguh-sungguh mengherankan ya, Mas Herman.πŸ€” Semoga kondisi seperti ini cepat berakhir ya, mas.

      Delete
  4. Bisa jadi itu cara Tuhan biar kita peduli kebersihan dan lingkungan. Polusi jadi berkurang, ekonomi berubah tatanannya sedunia. Yang goncang tidak hanya kita rakyat kecil tapi bisnis besar pelaku utama jg gonjang ganjing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ekonomi berubah, di mana petani, nelayan yang memegang peranan penting dan hidup makmur ya :D

      Delete
    2. @Bang Day: iya, bang. Mungkin corona ini ada supaya manusia sadar kalau sebelumnya manusia adalah sosok-sosok yang merusak kondisi lingkungan. Ironis banget. Kalau gak ada Corona mungkin kondisi lingkungan tidak membaik, malah semakin rusak karena ulah kita-kita.

      @Mbak Rey: Iya, Mbak. Semoga petani dan nelayan selalu diberi kesehatan supaya stok bahan makanan yang dijual berlimpah. Kalau semuanya melimpah kan harga bahan makanan gak jadi mahal.πŸ˜†

      Delete
  5. Gara" si koronah jahanam ini kita ga bisa ketawa ngakak krna takut nyembur, ga bisa bersihin belek alias kucek" mata, koq judulnya kyk film apa gitu mbak... Perempuan tanah jahanam apa yak... Tpi ini si virus jahanam 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru kepikiran aku, mbak, kalau judulnya mirip. Ngomong-ngomong tentang perempuan tanah jahanam, aku jadi ingat dulu pengen banget nonton tapi belum kesampaian. Kira-kira filmnya sekarang ada di platform online gak ya?πŸ€”

      Delete
  6. Eh bener ya, dia itu semacam gaib, meski masih bisa dilihat pakai alat tertentu.
    Yang bikin parno, yang bikin kesal juga lama-lama.
    Sumpah ya, saya nggak terlalu bosan di rumah, tapi saya bosan parno terus kalau mau pesan sesuatu.
    kalau ada paket, kalau mau beli makan di babang gofood, huhuhuhu.

    Entah kapan berlalunya nih koronah, meski sebenarnya mereka datang dengan sebuah tujuan, tapi rasanya kok lama banget ya perginya, dan kita juga nggak tahu, ujungnya ini gimana? apakah kita jadi lebih kebal dengan vaksin, atau gimana? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Entahlah, Mbak Rey. Mungkin hanya Allah yang tau kapan Corona ini berakhir. Tapi gak ada salahnya kita terus berdoa semoga Corona cepat-cepat berakhir. Semoga semua kembali seperti sedia kala. πŸ™

      Delete
  7. semoga 'makhluk gaib' ini cepet berlalu, supaya kalo mau keluar rumah jadi ga was was

    ReplyDelete
    Replies
    1. AamiinπŸ™
      Semoga kita semua senantiasa diberi kesehatan ya, Mbak.

      Delete

Komentar akan dimoderasi. Jadi mohon maaf sekali apabila komentar yang tidak sopan, mengandung kata kasar, menyinggung SARA, spam, dan yang berisi link hidup terpaksa tidak saya terbitkan. Terima kasih sudah mampir dan berkomentar.πŸ˜„