(Review) Purbasari - 2in1 Color Tint

By Roem Widianto - April 15, 2020


Assalamu'alaikum.

Kapan terakhir kali kalian pakai gincu warna merah?

Kalau aku waktu masih kerja dulu. Alasannya supaya kelihatan sudah dewasa karena selama ini kalau keluar-keluar rumah selalu dikira masih SMA. Syukur-syukur ada yang ngira aku SMA, kadang ada yang bilang aku masih pantes jadi siswi SMP. Mungkin karena tinggi badanku yang kurang ideal. Apakah ini pertanda stunting? Entahlah. Hehehe.

Setiap kali pakai gincu merah, banyak banget yang bilang kalau aku macam orang yang lagi makan ayam hidup-hidup. Bibir bagaikan berlumuran darah. Tapi gakpapa sih, asal gak ada yang bilang aku macam anak sekolah aja. Berasa gagal tumbuh aku tuh.

Tapi itu dulu, saat sebelum nikah. Setelah nikah aku malah suka pakai gincu yang warnanya kalem. Supaya kelihatan awet muda gitu. Biar kalau jalan sama suami, aku nampak jauh lebih muda daripada suami. Padahal usia kami berdua cuma selisih 47 hari saja.😂

Walaupun begitu, kadang kangen juga pakai gincu merah. Tapi setiap kali pengen pakai, takut kelihatan menor, takut kelihatan tua. Lalu di suatu waktu saat nonton salah satu drama Korea, aku melihat Park Shin Hye. Waktu itu aku salah fokus ke bibirnya Park Shin Hye. Kok cantik ya, warna bibirnya. Padahal pakai gincu warna merah lho. Tapi kok gak kelihatan menor sama sekali.
Park Shin Hye (Sumber gambar: byeolkorea.com)
Setelah browsing-browsing di dunia maya, paham lah aku kalau yang dipakai artis-artis Korea itu namanya lip tint. Lip tint ini adalah produk pemulas bibir yang memiliki tekstur cair mirip air dan memiliki pigmentasi yang tinggi. Biasanya lip tint ini bagus untuk membuat warna bibir lebih natural untuk pemilik warna bibir yang pucat. Tapi kalau di warna bibir yang hitam macam bibirku ini ya sebenarnya kurang bagus juga hasilnya. Menurutku untuk pemilik bibir hitam akan bagus menggunakan lip tint jika lip tint nya dipadukan dengan gincu lain untuk membuat tampilan ombre.

Oke, sebenarnya sih motivasiku membeli lip tint ini bukan hanya karena ingin terlihat macam Park Shin Hye. Melainkan juga gara-gara aku punya gincu yang warnanya terlihat pucat di wajahku. Jadi lip tint merah ini bisa membuat wajahku terlihat lebih fresh jika dipadukan dengan gincuku yang pucat itu. Lumayan, supaya gincu itu kepake. Daripada dibuang kan sayang. Hehehe.


Walaupun yang membawa budaya pakai lip tint ini bangsa Korea, untungnya sekarang banyak brand lokal yang memproduksi lip tint sendiri. Kalau produk lokal kan harganya jadi terjangkau. Lagian juga pasti ORI nya, kalau produk Korea kan banyak orang iseng yang sengaja memalsukan. Jadi membeli produk lokal menjadi pilihanku. Dan pilihanku itu adalah Purbasari 2in1 Color Tint.

PACKAGING

Kemasan Purbasari 2in1 Color Tint
Purbasari 2in1 Color Tint dilengkapi dengan kotak karton berwarna hitam dengan tulisan berwarna emas. Ini ciri khasnya hydra series nya Purbasari, macam bedakku dulu yang dengan brand yang sama.


Di dalam karton itu ada lip tint dengan kemasan dengan warna yang sama dengan kardusnya. Didominasi dengan warna hitam dan ada tulisan 'PURBASARI' warna emas. Di kemasannya itu pula ada bagian yang transparan yang memudahkan kita melihat warna lip tint nya dari luar. Kemasan ini juga seperti kemasan produk mahal karena kemasannya yang kokoh dan cenderung sedikit berat. Padahal harganya sangat terjangkau. Hehehe.

KLAIM

"2in1 Color Tint dapat digunakan untuk perona pipi dan pewarna bibir yang mudah dibaurkan. Diperkaya dengan Triple Vitamin yaitu vitamin A, C, & E yang bekerja sebagai antioksidan serta menutrisi kulit bibir dan pipi agar selalu terlihat segar."

INGREDIENTS

Aqua, Cyclopentasiloxane, Trimethylsiloxysilicate, Butylene Glycol, Pentylene Glycol, Hydroxyethyl, Acrylate/Sodium Acryloyldimethyl Taurate Copolymer, Squalane, Propanediol, Glycerin, Phenoxyethanol, Polysorbate 60, Sucralose, Ethylhexylglycerin, Aroma, Benzophenone-4, Tocopheryl Acetate, Sodium Laureth Sulfate, Sorbitan Isostearate, Tetrasodium EDTA, Decyl Glucoside, Capryl Glycol, Hexylene Glycol, Glycine Soja Oil, O-Phenylphenol, Ascorbyl Palmitate, Retinyl Palmitate. May contain: Cl 12490, Cl45430, Cl 15510, Cl 45410.

CARA PAKAI

"Oleskan pada bibir atau pipi secara tipis dan ratakan menggunakan jari tangan untuk menghasilkan efek ombre. Biarkan mengering dan ulangi pemakaian untuk mendapatkan hasil yang lebih nyata."

SHADE 

Purbasari 2in1 Color Tint memiliki tiga pilihan shade warna. Ada Scarlet (merah), Blush (pink), dan Tangerine (oranye). Purbasari pintar sekali memilih tiga warna itu untuk shade lip tint nya. Itu karena memang ketiga warna ini adalah warna-warna gincu favorit kebanyakan perempuan.

Swatch Purbasari 2in1 Color Tint shade Scarlet
Karena aku mempunyai niat membikin ombre gincuku yang berwarna mauve pucat, jadi aku membeli shade Scarlet karena warnanya cukup nyambung untuk gincu pucatku. Scarlet ini memiliki warna merah yang lumayan pekat. Jika aku memakainya full lips, Scarlet pasti sukses membuatku diledek habis makan ayam hidup-hidup lagi. Hehehe. Gak kok, rek. Warnanya cantik, cuma aku aja yang gak pede pake full lips. Scarlet ini jika di-ombre jadinya juga bagus, wajah jadi kelihatan segar. Oke, fix, gincu pucatku gak jadi tak buang.
Swatch Purbasari 2in1 Color Tint Scarlet dan gincu pucatku

TEKSTUR

Di awal-awal tulisan ini aku sudah bilang, kalau lip tint memiliki tekstur cair bagaikan air. Lalu bagaimana dengan tekstur Purbasari 2in1 Color Tint? Apakah sama?

Purbasari 2in1 Color Tint juga punya tekstur cair kok. Tapi sedikit agak kental daripada air. Karena aku gak biasa pakai produk bibir yang teksturnya secair ini, jadi terkadang waktu memakainya, cairan lip tint nya masuk mulut dan mewarnai gigi-gigi depanku. Alhasil aku seperti bocah yang kurang konsumsi vitamin C yang gusinya sering berdarah dan darahnya itu mewarnai gigi-gigi putihnya. Mungkin aku perlu lebih sering latihan pakai lip tint ini. 😅

Purbasari 2in1 Color Tint memiliki formula yang cepat nge-set. Jadi kalau pakai harus cepat diratakan dengan jari supaya warnanya merata dan tidak blentong-blentong. Ini penting banget dilakukan terutama kalau menggunakan lip tint ini sebagai blush on. Gak mau kan, pipimu kelihatan blentong-blentong merah? Bukannya kelihatan merona malah seperti lagi menderita sakit kulit. Makanya setelah dioleskan di pipi langsung diratakan pakai jari, supaya lip tint nya gak nge-set duluan.

REVIEW

Purbasari 2in1 Color Tint ini punya formula yang cepat nge-set nya. Tapi aku oke-oke aja sih. Jujur aku suka gincu yang cepat nge-set. Soalnya aku gak tahan pengen cepat-cepat minum atau ngemil walaupun baru selesai dandan. Jadi model lip tint yang gampang nge-set gini sih aku suka banget.

Yang bikin susah tuh kalau dipakai blush on, mengingat lip tint ini punya dua fungsi alias 2in1 sesuai namanya. Kalau gak cepat diratakan jadinya bakal blentong-blentong karena ada bagian yang sudah terlanjur nge-set duluan. Tapi bisa diakalin kok. Kalau wajahku lagi biasa-biasa aja (cuma pakai pelembab) hasilnya kemungkinan besar ya blentong-blentong gitu. Tapi kalau sudah pakai sunscreen, tekstur wajah jadi sedikit agak licin. Nah kalau licin gitu pakai lip tint ini sebagai blush on masih aman banget, soalnya lebih gampang diratakan dan bisa memperlambat waktu nge-set nya. Mungkin selain pakai sunscreen bisa juga pakai foundation terlebih dahulu.

Selain itu kalau diamati, pada ingredients ada kandungan yang namanya Sucralose. Ngomong-ngomong, Sucralose ini adalah salah satu bentuk pemanis buatan. Jadi jangan heran kalau lip tint ini rasanya manis. Aku gak masalah sih dengan rasa manis ini. Cuma kalau ada rasanya gini agak ragu-ragu pakai kalau lagi puasa. Takut batal soalnya. Hehehe.

Walaupun di kemasan kartonnya ada klaim kalau Purbasari 2in1 Color Tint bisa bertahan sampai 12 jam, tapi yang aku rasakan tidak seperti itu. Lip tint ini masih mejeng dengan bagus di bibirku kurang lebih sampai tiga atau empat jam. Ini mungkin gara-gara faktor aku gunakan untuk makan dan minum juga. Kalau lagi puasa, kan gak makan minum tuh, kemungkinan bisa tahan sampai 12 jam sesuai dengan klaimnya. Tapi ya, aku gak berani pakai lip tint ini pas lagi puasa. Takut gak sengaja jilat bibir soalnya rasanya manis. Lagi-lagi takut kalau batal puasanya.😂

Untuk soal warna sih aku suka banget. Warna Scarlet ternyata beneran cocok dengan gincuku yang hampir mau tak buang gara-gara jarang aku pakai karena warnanya yang bikin wajahku kelihatan pucat itu. Kalau ditambahi pakai lip tint ini, dengan gincuku itu wajahku masih kelihatan lebih segar. Selain itu kalau lip tint ini dipakai sendirian full lips, juga kelihatan bagus. Tinggal kita-kita nya aja, pede nggak pakai gincu merah di bibir secara full gitu?


Purbasari
2in1 Color Lip Tint
Scarlet
5.5 gr
IDR 35.000
Lazada | Shopee | Offline Store

NB: Ini sesuai dengan pengalamanku menggunakan produk ini, mungkin beda kondisi dan jenis kulit akan menghasilkan efek yang berbeda.

Wassalamu'alaikum.

  • Share:

You Might Also Like

40 komentar

  1. wakakakakakak, ngakak, bisaaaa aja dirimu, makan ati ayam hahahaha.

    Kalau saya sebenarnya pecinta pink garis keras, cuman sekarang lagi suka gonta ganti warna gincu, semua saya suka, selain nude sih, bukan nggak suka, tapi orang-orang nggak suka saya pakai gincu nude, jadi ribuutttt saja nanya,
    "Rey, kamu sakit?"
    hahahaha

    Tapi saya punya loh gincu warna merah menyala, eh nggak sing merah agak gelap gitu, lip creamnya pixy kalau nggak salah.

    Suka saya jadikan ombre dengan lainnya, soalnya kalau saya pakai bold, orang-orag pada fokus di bibir semua, maklum bibir saya tebel kayak keraknya pantat pancigosong hahahahahahahahahaha

    Etapi saya suka lih purbasari ini, apalagi yang jenis tint gini.
    Murmer lagi.

    Oh ya, kalau yang lipcream pixy itu, nggak transfer asar setelah dipakai didiamkan sampai kering, setelah kering udah deh tahan lama, asaaalll jangan berani-berani makan gorengan, dijamin gorengannya jadi merah membara, soalnya gincunya pada nempel di gorengan hahahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kebalikanku berarti, Mbak Rey. Kalau aku pecinta nude garis keras. Niatnya sih supaya kelihatan muda aja. Hehehe. Biar terlihat natural, mlbb kalau kata beauty blogger/vlogger sih.😂

      Kalau lipcreamnya Pixy ini sudah lama juga aku pengen beli, Mbak. Tapi sampai sekarang belum kebeli-beli. Setiap kali mau beli, sudah tergiur sama gincu lain yang diskonannya lebih gede. Dasar aku. Hehehe.

      Delete
    2. Tapi dirimu cucok-cucok aja pakai nude loh, kalau saya duh jangankan nude, peach aja kek orang sakit jadinya, pucat banget.
      Saya sih cuek aja makenya, tapi kuping jadi berisik karena orang pada rempong nanya.

      Rey kamu sakit ya? hahahaha
      Eh dulu saya beli pixy itu karena diskon gede pas ada eventnya di mall :D

      Delete
    3. Wah, aku harus coba jalan-jalan ke mall nih, siapa tau pas ada event. Jadi dapat barang murah kyk Mbak Rey. Soalnya selama ini kalau cari gincu dan teman-temannya cuma ngandelin marketplace di internet doang, Mbak. Hehehe.

      Delete
  2. ini maksudnya 2 in 1 lipstick plus perona bibir ya mba roem..?

    eh, aku dulu jaman-jaman baru lulus kuliah sukaknya pake lipstick yang warna merah menyala gonjreng-gonjreng.. haha.. tapi sekarang mah udah gak pernah. entah kenapa malu gitu.. jadi pakai yang ngepink kalem-kalem aja. biar awet muda kayak mba roem.. haha..

    ngakak dah, masa pakai lip tint kayak bocah yang kurang vitamin c.. haha.. gegara kena ke gigi yaa? hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nganu, Mbak Thya. 2in1 maksudnya bisa dipake di bibir dan di pipi, gitchuuu. 😆

      Nah, sama, Mbak. Dulu waktu kuliah aku juga suka pakai warna merah. Kebetulan dulu waktu kuliah ambil jurusan akuntansi, jadi suka dandan perlente. Kalau sekarang sih lebih suka yang nude aja. Supaya kelihatan muda. Hehehe.

      Eh, tapi bener kan, Mbak Thya. Kalau lagi kurang vitamin C gusi bisa berdarah-darah.😂

      Delete
  3. Waalaikumsalam mbak Roem, kalo masalah lipstik aku nyerah saja mbak, mungkin kang satria nanti yang bisa review karena sering pakai.😱

    Cuma perlu mbak tahu, kalo lipstik tertua di dunia ini ya Purbasari, karena sudah ada sejak zaman purba lho. Mungkin juga dipakai oleh ratu ratu dari kerajaan sumeria dan Mesir kuno.😱

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Agus sering ngintipin mas satria ya? Kok sampai tau kalau doi pernah pakai itu. Hehehe.

      Eh, bisa jadi lho, Mas. Makanya namanya Purbasari. Kalau baru ada pas anak milenial eksis mungkin namanya android.😂

      Delete
    2. Dia kadang mangkal pakai begituan makanya kelihatan mbak.😂

      Delete
    3. Kalau namanya android bisa ketuker sama hp dong..gak bisa ngebayanginnya kalau sampai ketuker sama hp.. hihihi

      Delete
    4. Mas Agus: 😂😂😂

      Mas Herman: bisa jontor kali ya, Mas, bibirnya. Yang nempel bukan gincu, tapi ponsel. 😂

      Delete
  4. Ngga apa-apa ya aku ikut cuit-cuit berkomentar ?.

    Sempet ragu sih baca pertanyaan di paragraf pertama, 'kapan terakhir kali kalian pakai gincu ?' ...
    Wwwkkk, aku langsung ciut jadinya mau ikutan berkomentar ngganya 😂😂

    Aku ikut berkomentar nama produknya saja 🙂
    Nama Scarlet ngingetin nama salah satu aktris Holywood : Scarket Johannsen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku nama Starlet mengingatkan pada Toyota Starlet mas, itu lho kayak kapsul.

      Ini bahas lipstik apa otomotif sih.😂

      Delete
    2. @Mas Hima: kalau aku sih malah keinget novelnya Conan Doyle, mas. Studi in Scarlet.😂

      @Mas Agus: Nganu, mas. Scarlet bukan Starlet. Hehehe 😂

      Delete
    3. @ Roem =

      Ohh, ternyata yang pakai nama Scarlet banyak juga ya ...
      Bagus sih memang namanya 🙂

      @ Agus =

      Starlet itu sodaraan sama Scarlet kah 🤭 ?

      Delete
    4. Iya, mas. Mungkin banyak yang suka nama itu. Jadi banyak yang pakai juga.🤭

      Delete
  5. Lumayan juga nih, liptint nya bsa tahan 12 jam...dan bsa di pake buat blush on juga..
    Alhamdulillah, seneng denger cerita mbak Roem, Insyaallah bertahan cantiknya, luar dalem :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Senang juga bisa berbagi, Mbak, walaupun hanya informasi receh seperti ini.🤭

      Delete
  6. Suka banget! Cocok dipake kalo acara spesial. Kayanya bakalan sesuai banget buat dupe-nya ysl water tint yg black packaging. Jadi pengen deh coba 🥰

    Cassandra, xoxo
    https://chunkyrabbit.com/one-palette-that-you-need-for-spring-summer/

    ReplyDelete
  7. wah purbasari.
    produk lokal yang masih berjaya sampai sekarang. keren

    ReplyDelete
  8. Wah dapat ilmu pergincuan lagi
    #semangat

    Ehemb...berarti klo ngacu paragraf awal mba roem yang mirip titik sandora muda yang cantik bin guemez ini imut2 dong, kan dikira masi anak esempe dan SMA, hahahai

    Tapi sku juga pendek ding, semoga aja bukan stunting hiks hihi

    Eiya ya kenaps klo liat actress korea biar kaya gincuan segonjreng apapun wajahnya tetap shinee, liciiiin gitu, apa ditunjang dg kualitas udara sana yg bersih juga kali ya, makanya kulitnya pada sehat2, jadi diapain sja okay, wong polosan ga bermake up juga syantik hihi
    Aku lah mbladus wkkk #maklum ga jago dengdong, klo makeupunnya kena keringet wes ga keruan tampangku

    Jadi jarang bgt make up klo ga kondangan

    Tp sebenere aku pnasaran dg teknik ombre lipstik loh, maksudnya biar kesannya tampak alami, ternyata bisa disiasati dengan liptint yg cenderung berair yes...aku juga suka liptint ketimbang yang mate...kerasa lebih kek anak sekolahan gitu tampilannya, seger dan mirip usia remaja pemakainya

    Klo yang abang gonjreng sama ..takutnya kayak vampir abis nyedot darah hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti Mbak Nita sama dong, awet muda. Kan tinggi badan kita berdua sama-sama imutnya. Eh, tapi kyknya masih imut aku, Mbak Nit. Soalnya aku pendek buanget.😭

      Kalau aku malah terbiasa pake yang matte, Mbak. Belum bisa bener kalau pakai lip tint suka masuk-masuk ke dalam mulut. Jadi gigi merah-merah kyk kena darah gitu.😂

      Delete
    2. Tenang mbak Roem, kalo pendek bisa diakali pakai sepatu tinggi, kalo masih kurang tinggi pakai Enggrang saja.😂

      Delete
    3. Butuh latihan main egrang nih, supaya kelihatan tinggi. Ntar kalau sudah bisa, baru deh daftar polisi pake egrang.😂

      Delete
    4. Betul mbak, nanti kalo udah jadi polisi dapat tugas yang mulia yaitu jadi polisi tidur, supaya orang tidak ngebut jadinya aman. Mau kan mbak jadi polisi tidur, cuma rebahan doang lho, enak kan.😁

      Delete
  9. warna merah saya seneng liatnya, lebih tergoda iman saya nya mba, kalo terlalu kalem di sangka kurang sehat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin pinter-pinter ceweknya pilih warna gincu apa ya, mas. Supaya lebih cucok dan lebih cantik.🤭

      Delete
  10. Sering lihat bentuknya tapi kok bingung mau komen apa mungkin karena belum makan, entahlah 🤔

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin boleh beli satu buat istri, mas. Supaya bisa komen.😂

      Delete
    2. Waduh, ntar bini yang satunya ngambek kalo cuma beli satu.😂

      Delete
  11. Siang mbak Roem, br bisa mampir dimari... Aku tuh jarang banget pake lipstik yg merah merona kayak warna cabe itu, soale kayaknya ga cocok ama pribadi aku yg kalem ( jarene 😂 ) soalnya pernah dulu jaman msh gadis imut pake lipstik gonjreng koq kayaknya yg kliatan langsung bibir thok..alias wajahe full lipstik wk wk, swkarang walo pake liptin merah, biasanya hanya bagian dalam bibir aja, gak full, dan ku ombre gitu,biar kekinian katanya 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tos dulu, Mbak. 🙌

      Aku juga pakai lip tint ini buat ombre doang, cuma pakai di bagian dalam bibir. Kalau yang full juga gak berani aku, Mbak. Takut dibilang habis makan ayam hidup-hidup. Eh. Hehehehe.😂

      Delete
    2. Kalo pakai lipstik merah gitu yang banyak ntar dikira mau saingan sama Joker ya mbak.😂

      Delete
  12. Wah keren pasti ya 2 in 1 Colour Tint by Purbasari. Aku mau nyoba beli ah siapa tahu bisa kinclong dan kelihatan segar seperti remaja korea wkwkwkwk. 😂
    Makasih mbak Roem atas info nya 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk cobain, Mbak. Siapa tau bisa jadi mirip Park Shin Hye.🤭

      Delete
  13. baru tau kalo purbasari ngeluarin varian liptint.
    memang kalo pakai produk lip yang gampang mengotori gigi waktu diolesin pertama agak merepotkan, apalagi kalo buru buru berangkat, pas ngobrol sama orang lahh kok di gigi ada merah merahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, Mbak. Ntar dikata kita ini kurang vitamin C sampe gusi berdarah. Padahal sih ulahnya lip tint.😂

      Delete

Komentar akan dimoderasi. Jadi mohon maaf sekali apabila komentar yang tidak sopan, mengandung kata kasar, menyinggung SARA, spam, dan yang berisi link hidup terpaksa tidak saya terbitkan. Terima kasih sudah mampir dan berkomentar.😄