Tips Hemat Beli Kacamata

by - September 19, 2019


Assalamu'alaikum.

Kacamata itu penting banget bagi setiap orang yang memiliki keluhan pada matanya. Termasuk juga denganku. Aku penderita miopi alias rabun jauh. Jadi pengelihatanku kurang baik kalau dipake melihat jarak jauh. Pernah sekali aku berkendara motor tapi gak pakai kacamata, alhasil hampir aja aku menabrak bapak polisi yang lagi di tengah jalan (dia lagi nyebrang mau menuju kantor ceritanya). Baru bisa lihat si bapak setelah jarak antara aku dan doi sekitar 7 meter. Maafkan aku, Pak, maklumlah mataku kalau gak pakai kacamata jadi siwer. Apalagi seragam bapak warnanya hampir mirip sama warna aspal. Sekali lagi, mohon maaf sebesar-besarnya.

Back to the topic, jadi kacamata memang item yang harus selalu dipakai oleh penderita rabun jauh guna kenyamanan. Kenapa? Karena memang gak nyaman banget kalau gak pake kacamata tuh. Pengelihatan jadi buram, kepala kadang pusing, dan kita bisa dicap sombong gara-gara gak pake kacamata. Lho kok bisa? Lah iya, karena pengelihatan buram, tampang seseorang pada jarak tertentu bisa tak terlihat jelas. Kalau lagi simpangan sama teman di jalan, terkadang aku gak nyapa si doi, karena emang gak berasa ketemu dan gak berasa lihat tampang si doi. Hohoho.

Aku tanpa kacamata itu memang serba salah. Padahal sudah berkali-kali aku ngilangin kacamata. Pernah hilang di sekolah, hilang di mushalla kantor, dan yang terakhir hilang di rumah sakit. Kalau kacamata lagi hilang kan aku harus rela tak berkacamata untuk beberapa saat sampai aku dapat kacamata yang baru. Nah, masalahnya harga kacamata kan mahal. Apalagi untukku yang dulu fanatik banget dengan salah satu brand frame kacamata tertentu. Tekor lah pokoknya kalau nurutin gaya hidup.

Sampai akhirnya aku mendapatkan tips cara membeli kacamata dengan harga murah. Tips itu aku dapatkan dari temen kuliahku yang sering gonta-ganti kacamata. By the way, warna dan model frame kacamata yang doi pakai selalu matching dengan gaya baju yang sedang dipakai. Ternyata beginilah cara doi mampu punya stok kacamata sejumlah baju yang ada di lemarinya.

Kesampingkan Gengsi
Gengsi adalah salah satu masalah bagi sebagian orang. Contohnya aku. Aku dulu frame kacamata harus pake brand favoritku. Fanatik banget pokoknya. Padahal kan orang yang lihat gak bakalan ngeh frame kacamata yang aku pake merek apa. Secara awam, kacamata branded ataupun KW itu kelihatan sama aja lho. Sama-sama ada gagangnya, sama-sama ada lensanya.

Murah Boleh, Trendy Jangan Ketinggalan
Setelah memantapkan hati untuk ikhlas dan ridho melepaskan gengsi, saatnya take action untuk beli frame kacamata idaman. Kalau pengen yang murah, jangan ke optik kenamaan ya, gaes. Cukup optik pinggir jalan yang biasa aja. Atau yang ekstrim, seperti tips dari temen kuliahku yang kali ini aku coba: beli di pedagang kacamata KW di salah satu mall di kampung halamanku. Jangan lupa pilih yang modis, yes. Yang cucok dengan bentuk muka. Walaupun murah, tapi kita tetep harus tampil trendy dong ya. Hehehe. Fyi, frame kacamata yang aku beli seharga Rp 35.000.

Pesan Lensa di Optik
Kacamata yang sudah dilengkapi lensa di pedagang kacamata KW sebenernya sudah ada. Pasti hitung-hitungannya lebih murah daripada membeli frame dan lensa secara terpisah. Tapi aku lebih memilih untuk memesan dan memasangkan lensa kacamatanya di optik langganan. Karena mata kanan dan kiriku minusnya beda. Selain itu lensa yang bagus juga memberi kenyamanan dan lebih aman untuk mata. Jadi untuk masalah lensa aku gak mau yang abal-abal. Aku pesan lensa paling murah di sana, harganya Rp 300.000. Kalau teman-teman ingin yang lebih murah masih bisa banget lho. Ada juga optik yang jual lensa seharga Rp 150.000an.

Penampakan kacamata baruku (doc pribadi)
Nah, kurang lebih begitu lah tips untuk membeli kacamata dengan hemat dari teman kuliahku tercinta. Biasanya aku yang bisa habis uang 750ribuan sampai sejuta sekian-an untuk beli satu kacamata, sekarang ongkosnya bisa menyusut sampai menjadi 335ribu doang. Nah, kalo gini kan jika suatu saat kacamataku yang ini hilang, aku gak terlalu nyesek lagi. Atau aku juga bisa beli lagi kacamata baru untuk nambah koleksi, mumpung murah. Hitung-hitung jadi kolektor kacamata KW. Hehehe. Semoga tips nya bermanfaat ya. Selamat mencoba.😂

You May Also Like

8 komentar

  1. Saamaaaa :D dulu jaman kuliah saya hobi koleksi macem-macem kacamata karena banyak yang jual frame murah dan ada optik yang bisa pasang lensa cuma 100-200 ribuan :D

    Tapi sekarang udah insyaf~ karena kebanyakan bulis depan laptop jadi harus pake kacamata yang ada antiradiasinya dan itu lumayan bikin kantong jebol huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kacamata kita awet ya, Mbak Nike, supaya isi dompet kita aman.🙏

      Delete
  2. Saya beli kacamata terakhir sekitar hampir 900ribu, terus abis itu saya nggak suka karena terlalu gede, ga cucok di wajah saya, jadi aneh banget huhuhu.

    mending dulu saya beli sekitar 400ribu, tapi awet bertahun-tahun karena saya suka :)
    Kalau saya lebih ke nyaman nya sih, murah asal pas di mata dan wajah, itu udah cukup hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Plus kalau murah jadi gak sayang buat beli lagi, Mbak. Hitung-hitung buat koleksi juga. Hehehe.

      Delete
  3. Jadi keinget dulu waktu masih ngantor, 10 tahunan yang lalu, beli kacamata bisa reimbursh. Tiap golongan pangkat ada jatah sekian-sekian untuk beli kacamata, yang berlaku tiap 2 tahun sekali.

    Awalnya saya juga fanatik sama brand toko optik yang lumayan sering muncul di tv waktu itu, biasanya 1 kacamata : frame+lensa+anti radiasi+tdk memantulkan cahaya, lengkap bisa harga 2jutaan (mahal memang, tapi karena dibayarin kantor, jadi gak berasa, pas udah berhenti dari sana, harga segitu ya lumayan pake banget hehehe).

    Terus ada temen satu divisi saya yang usianya lebih senior dan lebih dulu bekerja di sana, kacamatanya matching dengan bajunya, orangnya memang stylish sih :)
    Pas ngobrol-ngobrol, dia cerita kalau beli kacamatanya di ITC (semacam pasar modern gitu). Jatah kacamata dari kantor kalau buat beli toko optik brand tertentu tadi cuma dapat 1, di sana bisa dapat 4-5 kacamata!
    Wah boleh juga nih... Akhirnya saya niru hehehe.

    Untuk harga lensanya sedikit lebih murah, tapi harga frame, terjun bebas :D banyak pilihan, model lucu-lucu, tapi kualitasnya memang beda sih. Kalau di toko sebelumnya bahan titanium, di sana bahan plastik.
    Tapi masih ok kok, apalagi untuk yang punya anak kecil-kecil, yang sering narik-narik kacamata :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Paling gak, kalau beli yang murah, rusak pun masih bisa beli lagi. Hehehe.😂

      Delete
  4. Kok bisa dapet frame 35 ribu? Biasanya meskipun di optik pinggir jalan juga saya dapatnya masih yang mahal. 500-600ribu.
    Yang murah ada, tapi pilihannya sangat terbatas dan biasanya model jadul. Sedih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, bener mbak. Kalau di optik pinggir jalan harganya antara 500-600ribu. Tapi tips saya pakai cara ekstrim, yaitu beli frame nya di pedagang frame kw di mall jadi bisa dapat dengan harga paling minim.

      Delete

Komentar akan dimoderasi. Jadi mohon maaf sekali apabila komentar yang tidak sopan, mengandung kata kasar, menyinggung SARA, spam, dan yang berisi link hidup terpaksa tidak saya terbitkan. Terima kasih sudah mampir dan berkomentar.😄