6 Cara Menghemat BBM Agar Tidak Cepat Habis

by - February 22, 2020


Assalamu'alaikum

Kehabisan Bahan Bakar Minyak (BBM) di suatu tempat, pasti akan membuat dilirik banyak orang. Ada yang benar-benar berniat membantu, ada juga yang hanya ingin menjadikan orang itu tontonan belaka. Kehabisan BBM, selain dapat membuat harga diri menjadi jatuh karena dikira kantong kosong, kehabisan BBM yang terlalu sering juga dapat merusak atau membuat komponen kendaraan cepat rusak. Penghematan BBM lah yang perlu dilakukan, agar tidak terjadi pada dua poin di atas, yaitu tidak cepat rusak dan tidak malu. Agar menghemat bisa terlaksana di bawah ini ada 6 cara menghemat BBM agar tidak cepat habis.

1. Biarkan Kendaraan Panas Lebih Lama saat Melakukan Pemanasan

Cara agar BBM dapat hemat pada nomor satu di sini adalah memanaskan kendaraan saat hendak digunakan. Dengan cara tersebut mobil tidak akan cepat rusak, dan komponen kendaraan pun akan dapat terawat. Dengan kondisi yang demikian, kendaraan akan lebih hemat BBM.

Panaskan kendaraan pada ukuran yang standar yang lebih direkomendasikan. Jika lebih lama bisa jadi BBM akan awet, tapi jika terlalu lama akan membuang BBM dan menjadi sia-sia. Kita sebagai pemilik kendaraan, tentunya mengerti keperluan kendaraan itu. Sehingga ketika dirasa cukup maka dianjurkan untuk berhenti. Yang terpenting jangan terlalu cepat, ataupun terlalu lama.

2. Jaga Kebersihan dan Lakukan Perawatan yang Lebih Baik

Cara menghemat kendaraan agar tidak terlalu cepat habis adalah jaga kebersihan dari kendaraan kita. Sebuah usaha tidak akan mengingkari hasilnya. Jika kita setia menjaga dan merawat tentunya dalam hal kebersihan dan perawatan terhadap kerusakan yang terjadi, kendaraan itu akan merasa ringan dan bebas berekspresi ketika melajukan dirinya.

Sumber: pexels.com
Meskipun ia tidak hidup layaknya manusia, kendaraan juga bisa merasa tertekan dan enggan melaju di saat dirinya ada kerusakan yang berat. Karena kendaraan juga sebuah ciptaan yang pasti mengalami kehancuran. Nah, jika kita enggan merawatnya, kendaraan itu suatu saat akan mengalami kemogokan.

Dengan jalan merawat dan menjaga kebersihan, badan kendaraan tidak perlu mengeluarkan tenaga yang cukup berat. Ia pun tidak menghabiskan banyak bahan bakar.

3. Beli BBM di Pagi Hari Saja

Sumber: pexels.com
Cara selanjutnya adalah dengan membeli BBM di pagi hari. Membeli di pagi hari, kondisi BBM masih kental. Ini yang membuat BBM akan lebih hemat saat digunakan kendaraan. Dengan membeli di pagi hari, petugas SPBU baru mengeluarkan BBM nya dari penyimpanan tanahnya. Sehingga inilah yang membuat BBM pada dalam kondisi kental.

4. Jaga Kondisi Ban Dalam Kondisi Tidak Kempes

Sumber: pixabay.com
Cara selanjutnya yaitu dengan tidak membiarkan kondisi ban dalam keadaan kempes. Sebuah roda yang dalam kondisi ini akan membuat kinerja roda dan anggota kendaraan lain bekerja lebih berat. Kondisi inilah yang membuat kendaraan dapat menghabiskan BBM lebih banyak, untuk itu jangan biarkan ban dalam keadaan kempes ya..

5. Biarkan Kendaraan Berteduh Di Tempat yang Dingin

Sumber: pixabay.com
Dengan membiarkan kendaraan kita berteduh di tempat yang dingin, atau kalau perlu buatkan rumah sendiri untuk kendaraan kita. Kendaraan dalam kondisi dingin dapat mengurangi penguapan yang terjadi pada BBM kendaraan. BBM  adalah benda cair yang dapat menguap jika terkena suhu panas. Sehingga ketika kendaraan di tempatkan pada tempat yang teduh, dapat membuat BBM kendaraan semakin hemat.

6. Hindari Penguapan dengan Mengisi BBM setengah Isi

Sumber: pixabay.com
Cara yang satu ini jarang didengar orang. Yaitu dengan mengisi BBM pada saat tangki masih setengah isi. Dengan cara itu dapat membikin kendaraan semakin hemat BBM karena pada saat tangki masih setengah isi, penguapan BBM yang berada di dalam tangki berjalan sangat lamban. Hal inilah yang membikin pengisian BBM pada posisi setengah isi dapat menghemat BBM yang ada.


Begitulah 6 cara menghemat BBM agar tidak cepat habis. Semoga artikel ini dapat membantu dan dapat menambah wawasan, baca juga https://www.cekaja.com/info/6-cara-menghemat-bbm-agar-tak-boros-bahan-bakar-dan-uang/ agar pengetahuan kalian semakin bertambah.

Wassalamu'alaikum.

You May Also Like

32 komentar

  1. Cara menghemat BBM lainnya yang aku lakukan dengan motor adalah dengan jarang dipakai mbak, otomatis ngga terlalu boros.πŸ˜‚

    6 tips itu buat mobil apa bisa buat motor?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, mas Agus. Kalau mau diterapkan di pesawat terbang juga bisa.πŸ˜‚

      Delete
    2. Wuih mantep, pesawat terbangnya yang pakai remote itu kan.😁

      Punya mobil emang harus sering cek BBM karena boros ya mbak, motor juga kadang boros, tapi seboros-borosnya motor tetap lebih irit daripada mobil.

      Paling motor kalo boros itu seliter cuma 30 km, padahal kalo irit bisa 50 km, tapi mobil paling irit 20 km, bahkan kalo CC nya gede bisa seliter cuma 10 km.πŸ˜‚

      Delete
    3. Kalau pesawat yang pake remote gak perlu BBM, mas. Cukup pake baterai aja.πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Delete
  2. Oalaaahhh, kalau kendaraan terkena panas juga ngaruh ya.
    pak suami tuh paling nggak bisa menjaga barang, asal aja mah kendaraan kena hujan badai, panas membara hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masukin garasi mbak mobilnya, otomatis ngga kena panas, hujan, dan sembelit, jadinya aman ngga bakal batuk pilek dan meriang mbak Rey nya.πŸ˜‚

      Delete
    2. Nah iya, nih. Paling aman kendaraan dimasukkan garasi biar aman dari panas, hujan, dan maling. Hehehe.

      Delete
    3. hahahaha, gantian orangnya yang batuk pilek :D

      Delete
    4. Kalo orangnya, disuntik aja sudah sembuh, paling 100 RB, kalo mobil masuk angin, jutaan tuh biayanya.

      Eh, tapi kalo orangnya parah sakitnya juga sama ya.πŸ˜‚

      Delete
    5. Ngomong-ngomong mobil kalau masuk angin gak bisa disembuhkan dengan kerokan ya? Hehehe.

      Delete
    6. Bisalah, kerokan nya pakai duit ratusan ribu 20 biji.πŸ˜‚

      Delete
    7. Mahal banget ya, ngerokin mobil, mas.πŸ˜‚

      Delete
    8. Itu 20 biji buat mobil carry, kalo Nissan Terra Dahlan katanya sampai 100 biji mbak ngerokinnya,πŸ˜‚

      Delete
    9. Wah, Dahlan memang beda.πŸ˜‚

      Delete
  3. ternyata kl ban kempes bikin bbm boros juga ya? baru tau, hihi
    aku juga lebih sering ngisi bbm pagi hari kl mau berangkat kerjaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Kalau jarak dekat gak berasa tapi kalau perjalanan jarak jauh dan bannya kempes, berasa banget boros di bensin. Hehehe.

      Delete
    2. Kalo dompet kempes biar irit gimana caranya mbak.πŸ˜ƒ

      Delete
    3. Kirain rebahan sambil berkhayal duit turun dari langit.πŸ˜‚

      Delete
    4. Tapi sambil berdoa duit turun dari langit sepertinya oke, Mas Agus. Siapa tau terkabul.πŸ˜‚

      Delete
  4. Wah ada tips kaya gini ya baru tau

    ReplyDelete
  5. bagus banget tipsnya mbak, bisa dicoba nih. hehe

    ReplyDelete
  6. wow baru tau kalo ngisi bbm harus pagi hari. Kalo saya biasa di malam hari pulang kerja hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting tangki bensin harus selalu ada isinya supaya tidak mogok. πŸ˜‚

      Delete
  7. Ini biasa buat motor juga nggak mbak?
    Soalnya saya suka manasin motor lama banget. Bahkan sampai keluapaanπŸ˜‚
    Ternyata malah bikin boros bbm ya
    Tapi saya juga suka beli bbm di pagi hari sih, cuman nggak pernah di spbu tapi di toko pinggir jalan he..he...😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa bingits, Mbak Astria. Hehehe.

      Btw kenapa gak isi di SPBU, Mbak? Lebih murah lho.πŸ˜‚

      Delete
  8. Yang nomor 1 ada yg kontra mba... kata dia tidak penting memanaskan kendaraan apalagi sampe lama2. Dampaknya justru polusi jadi nambah klo pake dipanaskan lama2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ngomong masalah kesadaran lingkungan sepertinya lebih bijak apabila kita semua menggunakan kendaraan listrik karena tidak menimbulkan polusi. Tapi kok ya harganyaaaa..🀭

      Delete
  9. katanya kalau misal banyak tancapk gas itu juga makin banyak habis bensin ya karena sering banget tancap gas gk seiras kalau lagi buru buru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengar-dengar sih banyak tancap gas memang bikin bensin cepat habis, mbak. πŸ˜„

      Delete

Komentar akan dimoderasi. Jadi mohon maaf sekali apabila komentar yang tidak sopan, mengandung kata kasar, menyinggung SARA, spam, dan yang berisi link hidup terpaksa tidak saya terbitkan. Terima kasih sudah mampir dan berkomentar.πŸ˜„