Tips Hemat Membuat Persiapan Pernikahan di Gedung

by - February 25, 2020


Assalamu'alaikum.

Semua orang pasti memiliki mimpi untuk menjalani kehidupan bersama orang yang dikasihi. Untuk hidup bersama dengan orang terkasih, harus dilakukan prosesi pernikahan terlebih dahulu. Karena kalau belum menikah dan sudah hidup bersama, kumpul kebo namanya. Berbahaya karena bisa digrebek warga. Hehehe.

Ketika sudah menemukan orang yang tepat untuk menemani susah dan senang dalam bahtera rumah tangga, sudah waktunya kalian untuk mempersiapkan pernikahan. Dalam mempersiapkan pernikahan, kalian dapat memilih untuk melakukan acara pernikahan di rumah atau di gedung.

Membuat persiapan pernikahan di gedung tentunya jauh lebih rumit dibandingkan membuat persiapan pernikahan yang diadakan di rumah. Terlebih soal biaya, persiapan pernikahan di gedung itu akan memakan biaya yang cukup besar. Maka dari itulah kalian harus bisa menatanya dengan baik supaya kalian tahu bagaimana caranya menghemat pengeluaran saat mengadakan acara di gedung.

Namun meskipun begitu, jangan sampai asal melakukan penghematan. Bagaimanapun juga, pernikahan adalah hal yang sangat penting dan ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan. Jadi pastikan sebelum menggelar pesta pernikahan di gedung, sebaiknya atur finansial kalian sematang mungkin. Karena tentunya untuk mengadakan pesta pernikahan itu butuh biaya besar dan akan menguras isi tabungan kalian.

Keuntungan Menikah di Gedung

Tentunya ada plus minusnya tersendiri jika kalian ingin mengadakan pesta pernikahan di gedung. Berikut ini adalah beberapa kelebihan bila kalian mengadakan pesta pernikahan di gedung dan membuat persiapan pernikahan di gedung, antara lain:

1. Ruangan Luas

Mengadakan pernikahan di gedung membuat kapasitas ruangannya menjadi lebih luas dan besar. Sehingga kalian bisa mengundang semua orang karena gedung dapat memuat banyak tamu undangan. Tidak seperti ketika kalian mengadakan pesta di rumah.

2. Lahan Parkir Luas

Lahan parkir di gedung itu lebih luas. Karena tentunya sudah tersedia lahan parkir tersendiri untuk para penyewa gedung pernikahan.

3. Lokasi Mudah Dijangkau

Lokasi gedung pernikahan umumnya mudah dijangkau oleh tamu undangan. Karena setiap gedung tentunya selalu terletak di pusat kota (strategis posisinya).

4. Mudah Dilakukan Penataan

Karena areanya luas, sehingga para tamu lebih mudah bergerak di lokasi. Dengan begitu penataannya menjadi tidak ribet.

5. Mendapatkan Hasil Foto dan Video yang Bagus

Fotografer dan perekam videonya bisa mendapat view yang lebih bagus bila kalian mengadakan pesta pernikahan di gedung.

Meskipun menikah di gedung memiliki banyak kelebihan, namun tentunya kalian harus ingat dengan konsekuensinya jika menyewa gedung untuk acara pernikahan. Yaitu kalian harus menyiapkan biaya sewa gedung yang besar dan pasti akan menguras isi kantong kalian. Selain itu, waktu pestanya juga lebih terbatas bila menyewa gedung. Karena umumnya batas waktu sewanya hanya digelar dari 2 sampai dengan 3 jam saja.


Tips Persiapan Pernikahan di Gedung

Di bawah ini adalah beberapa hal yang harus disiapkan bila ingin mengadakan pesta di gedung, antara lain:

1. Batasi Jumlah Undangan

Meskipun kalian tahu bahwa jumlah kapasitas ruangan gedung lebih luas, namun tetap saja jumlah tamu undangannya harus dibatasi untuk menghemat biaya pernikahan. Maka dari itulah cobalah untuk mengundang orang terdekat saja, seperti keluarga besar, rekan kerja, dan sahabat. Sehingga suasana pesta pernikahan menjadi lebih lancar dengan baik dan kalian lebih mudah berinteraksi dengan mereka semua karena jumlah tamu undangannya sudah dibatasi.

2. Memilih Vendor Pernikahan yang Tepat

Untuk menghemat biaya pernikahan, cobalah untuk mencari vendor rekanan gedung yang tepat. Umumnya pihak gedung pasti mempunyai rekanan vendor supaya harganya lebih murah.

3. Ambil Paket Katering Makanan Khas Indonesia

Sumber: pexels.com

Cobalah untuk mengambil paket katering makanan khas Indonesia. Meskipun anak muda di zaman sekarang lebih suka makanan barat, namun tetap saja ingat soal biayanya juga. Harga makanan barat tentunya lebih mahal, jadi sebaiknya bila kalian ingin menghemat pengeluaran, pilih saja makanan lokal supaya lebih murah.

4. Sewa Baju Pernikahan dari Vendor Pernikahan yang Sama

Sumber: pexels.com

Hal ini sangat penting supaya biaya pernikahan menjadi lebih hemat. Bila perlu pilih dari vendor yang sama agar biayanya sudah dimasukkan sekalian dengan harga paket pernikahannya juga.

5. Buat Undangan Pernikahan Berbentuk Digital

Supaya lebih hemat, buat saja undangan pernikahannya berbentuk digital. Cara ini cukup efektif menghemat biaya pembuatan undangan yang selama ini berbentuk kertas menjadi berbentuk digital.

6. Beli Souvernir Langsung dari Pengrajin

Jika kalian ingin membeli souvenir, maka beli saja langsung dari pengrajinnya. Hal ini sangat penting sekali karena dengan membelinya dari pengrajin akan membuat kalian mendapatkan harga yang lebih murah.


Nah, itu tadi adalah beberapa daftar persiapan pernikahan di gedung yang harus diperhatikan jika kalian ingin mengadakan pesta di gedung. Yang pasti bila kalian masih kebingungan untuk mempersiapkan soal biayanya, jangan lupa kunjungi https://www.cekaja.com/info/intip-persiapan-menikah-mulai-dari-budget-konsep-hingga-kendalanya/ saja. Karena cekaja.com siap membantu kondisi finansial kalian supaya acara pesta pernikahan kalian berjalan dengan lancar dan aman.

Wassalamu'alaikum.

You May Also Like

27 komentar

  1. Menurutku, tips yang paling tepat ya memang cukup batasi jumlah undangan saja, cukup 10 orang teman dan saudara yang jadi saksi.😃

    Btw, kok posting seperti ini, apa mau kawin lagi mbak Roem.😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terinspirasi sama banyaknya undangan nikahan teman di bulan ini, Mas. Maklum, usia-usia sudah pas buat nikah. Siapa tau bisa bantu temen yang pengen buat acara nikahan di gedung tahun ini.😄

      Delete
  2. noted nih, perlu banget buat aku yg masih merencanakan pernikahan. hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat pertimbangan mau nikah di rumah atau di gedung ya, Mbak. Hehehe.

      Delete
  3. aku dulu nikah di gedung tempat kerja papah, murah dapet, mewah pun dapet, hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, enak banget, Mbak.. Jadi pengeeeeeen. Eh, tapi kan aku udah nikah.😅

      Delete
  4. Saya masih nimbang2 mau nikah dirumah atau di gedung, memang plus minusnya banyak, yg paling saya pertimbangkan soal lamanya acara nikahan, kalo digedung jam 11 s.d. 17 udah kelar, nah kalo dirumah pasti acaranya panjang, belum lagi rumah jadi berserak bikin ga nyaman.

    harus pintar2 nih buat milih gedung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pengen gak ribet dan rumah tetap bersih sih paling oke pilihannya pake gedung, mas. Cuma ya harganya mahal, jadi harus pintar-pintar pilih gedung dan pintar-pintar ngakali pos-pos mana aja yang bisa dihemat.😄

      Delete
  5. kayaknya cocok kalau acaranya digedung, mulai menabung buat sewa gedung dan laen laen. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, betul sekali. Kalau ada rencana nikah di gedung harus dipersiapkan dananya sejak dini.😆

      Delete
  6. Batasi jumlah undangan , itu pentiiinggg banget!
    Banyak yang akhirnya memilih nikah diam-diam khususnya pihak laki, karena takut undangan membeludak sementara kalau di gedung kan udah ada kapasitasnya termasuk makanan juga kalau habis gimana? hahaha

    Btw, sungguh sedih ya saya, ketahuan banget hidup saya ini hampa, di saat musim kondangan begini, saya dong nggak ada undangan nikahan sama sekali hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wenak, Mbak Rey. Gak ada undangan nikahan berarti isi dompet aman tentram sejahtera. Hehehe.😂

      Delete
    2. hahaha iyaaa, di sisi lain dompet aman, tapi kadang juga jadi sedih semacam nggak ada temannya hahaha

      Delete
  7. "memilih vendor yang tepat" bener nih salah salah bisa kena tipu kan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih. Lagi marak berita tentang wedding organizer yang tipu-tipu belakangan ini. Harus hati-hati banget buat para insan yang lagi pengen nikah.😄

      Delete
  8. wah ini ada gambaran sblm nikah haha. mantap mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cieeeeee, kapan rencana nikah, Mas? Heuheuheu.😆

      Delete
  9. Baca ini jadi pengen Nikah lagi nih mbak..😲😲😲🤯🤯🤣🤣🤣

    Yaa mungkin apa yang dijelaskan diatas ada benarnya.😊😊

    Tapi menurutku mau lebih hemat yaa KUA saja..🤣🤣🤣

    Karena apa sehemat apapun digedung ujung2nya duit juga..🤣🤣🤣🤣🏃🏃🏃🏃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya nikah memang murah, Mas, yang bikin mahal gengsinya. Kalau gak gengsi sih nikah di KUA aja hemat pake banget. Hehehe.

      Delete
  10. postingan ini bikin tambah semangat nabung,, bisa bahan pertimbangan nih :D thanks for sharing mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, mas. Terimakasih sudah berkunjung ya.😄

      Delete
  11. sekarang musti pending dulu, kalo gak bakal dibubarin petugas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya, Bang. Gara-gara ada corona sih. Tapi kalau bikin rencana aja sekarang gakpapa sepertinya ya, Bang. Nikahnya setahun atau dua tahun lagi. Hehehe.😂

      Delete
  12. kakak saya sedang cari gedung beberapa hari yang lalu eh empat hari kemdian katanya dilarang ada pesta dulu, apalagi setelah heboh yang pernikahan yang datangin polisi, syukur belum ketemu , yang penting akad dulu kayaknya dh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Untuk beberapa waktu ini memang masih dilarang ada kegiatan yang bisa membuat orang berkumpul karena masih ada wabah. Sepertinya lebih baik akad dulu ntar kalau wabahnya selesai, baru bikin acara resepsinya.😊

      Delete
  13. perlukan uang dan ongkos juga..

    kalau sudah ada boleh rancang dengan sebaik yang mungkin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, tuan. Memang sebaiknya pernikahan direncanakan dengan sebaik mungkin.

      Delete

Komentar akan dimoderasi. Jadi mohon maaf sekali apabila komentar yang tidak sopan, mengandung kata kasar, menyinggung SARA, spam, dan yang berisi link hidup terpaksa tidak saya terbitkan. Terima kasih sudah mampir dan berkomentar.😄