Tiga Channel YouTube Buat Belajar Masak

by - May 02, 2020

channel/akun favorit untuk menambah ilmu

Assalamu'alaikum

Gak kerasa, kalau ternyata aku sudah mematuhi himbauan pemerintah selama satu setengah bulan. Satu setengah bulan di rumah aja dan gak kemana-mana kecuali kalau lagi kepepet ternyata lumayan berat. Bagaimanapun juga kita-kita kan sudah terbiasa bebas ke mana aja. Jadi normal banget kalau kita sekarang merasa terpenjara kalau terus-terusan ada di dalam rumah.

Semakin lama merasa terpenjara membuat aku jadi mulai bosan. Kalian juga gak, rek? Apa jangan-jangan cuma aku doang yang merasa bosan? Tapi untung banget aku sudah mulai bisa mengatasinya. Salah satu caranya adalah mencari kegiatan. Dan kegiatan yang aku pilih untuk aku lakukan adalah belajar memasak.


Memasak itu penting banget dilakukan, terutama di saat-saat seperti ini. Semakin kita ahli masak, berarti semakin baik kita mengolah makanan menjadi enak. Dan itu berarti semakin kita gak perlu keluar rumah untuk cari makanan. Jadi belajar masak ini punya tiga manfaat. Manfaat pertama supaya skill memasak terasah, manfaat kedua supaya hilangkan bosan karena harus di rumah aja entah sampai kapan, dan manfaat terakhir adalah supaya bisa memenuhi keperluan perut tanpa harus keluar rumah. Belajar memasak di saat seperti ini sungguh berfaedah sekali, bukan? Hehehe.

Saat belajar memasak, biasanya aku mengandalkan sebuah aplikasi bernama cookpad. Di cookpad, banyak banget orang yang membagikan resep makanan yang pernah mereka buat. Jadi aku bisa mencari resep makanan apapun di sana. 


Tapi kekurangan dari cookpad ini adalah semua resep hanya berupa teks. Jadi kalau untuk pemula pasti akan sedikit kesulitan dalam membuat resep itu. Untuk lebih mudah belajar memasak, kita bisa dengan cara melihat video. Dan salah satu tempatku untuk melihat video tutorial masak adalah dengan menggunakan YouTube.

Jujur, sebenarnya aku jarang banget melihat video tutorial memasak dari YouTube. Karena memang YouTube cuma aku pakai buka video kajian doang. Supaya memperbaiki iman, gitchuuu. Soalnya aku sadar diri, kalau aku ini tergolong orang yang lemah iman. Hehehe.

Aku baru membuka-buka channel yang memiliki tutorial memasak juga baru-baru ini. Itu juga gara-gara aku kepo, kok video-video tutorial memasak ini sering banget nongol di timeline YouTube ku. Dan setelah aku buka, ternyata bener-bener oke banget buat belajar, lho.

Ngomong-ngomong, ini lho akun-akun YouTube yang video tutorialnya sering mondar-mandir di timeline ku. Gak banyak, kok. Cuma tiga.🤭


William Gozali

Video William Gozali yang paling sering muncul di timeline ku belakangan ini adalah tutorial memasak ayam karage kecap mentega. Entahlah apa yang membuatku ujug-ujug (Jawa: tiba-tiba) membuka video ini. Mungkin salah satu alasannya adalah karena kangen ayah di kampung. Kebetulan ayahku ini suka banget sama olahan Chinese food, termasuk ayam karage ini.

Biasanya kami sekeluarga kalau ingin makan ayam karage lebih suka beli langsung ke restoran Chinese food. Alasannya karena gak mau ribet masak. Lagian kami sama sekali gak jago masak Chinese food. Jadi kalau masak sendiri ciri khas Chinese food nya kurang berasa.

Tapi beda halnya dengan tutorial masak dari William Gozali ini. Di video tutorial memasaknya dia memberikan tips-tips supaya masakannya berhasil dan rasanya enak. Contohnya untuk yang ayam karage ini, dia memberikan tips supaya ayam karagenya berasa Chinese food banget dengan menambahkan bahan apa saja.

Yang aku suka dari video-video tutorial memasak William Gozali ini adalah di deskripsi sudah dijelaskan bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan. Jadi kita lebih mudah mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu baru mengikuti tutorialnya step by step. Selain itu William Gozali juga bisa menjelaskan dengan baik kenapa kita harus melakukan langkah-langkah tertentu dan apa efeknya untuk bahan makanan yang sedang kita olah.

Setelah aku tanya-tanya ke embah kita tercinta, Mbah Google. Ternyata eh ternyata si William Gozali ini adalah pemenang MasterChef Indonesia season tiga. Ya gak heran kalau gitu, kenapa kok dia bisa pinter masak.😂


Arnold Poernomo

Kalau yang ini pasti kalian semua gak asing, nih. Iya, ini lho sep (baca: chef) yang terkenal di TV itu. Iya, iya, dia yang jadi juri di MasterChef Indonesia itu, lho. Iya, yang kata orang-orang: sep yang tampangnya Bebelac tapi bodinya L-Men. Siapa lagi kalau bukan sep Arnold Poernomo.

Ternyata eh ternyata, dia punya akun YouTube juga. Saking kurang update nya, aku baru tau tentang channel YouTube sep Arnold beberapa bulan ini. Dan tahukah, kalian, yang bikin aku buka akun YouTube sep ini karena apa? Tidak lain dan tidak bukan adalah karena tutorial masak endog (Jawa: telur). 

Yaampun, kurang kerjaan banget aku, masak endog aja cari tutorial di YouTube. Hehehe. Eh, tapi jangan salah. Walaupun hanya tentang masak endog, tapi tutorial itu sangat berfaedah untukku. Jadi aku bisa mengolah endog dengan beraneka ragam variasi sesuai dengan makanan pendampingnya. Selain itu aku juga bisa membuat endog dengan tingkat kematangan yang pas, sesuai dengan seleraku. Jadi makan endog-nya bisa berasa lebih enak dan gak ngebosenin.

Selain tutorial masak endog-nya yang fenomenal itu, sep Arnold juga membagikan resep-resep membuat beraneka makanan. Bahkan beberapa di antaranya adalah resep makanan yang simpel dan mudah dibuat. Cucok banget kan, buat kita-kita yang pemula dalam hal masak-memasak. Apalagi belajarnya di akunnya sep yang tidak bisa diragukan lagi kemampuan masak-memasaknya.


Pufflova

Kamu anak kos yang gak punya alat masak yang lengkap? Jangan khawatir. Kamu tetap bisa menghabiskan waktu di tempat kos aja dengan belajar masak melalui channel YouTube nya Pufflova.

Yang aku suka dari channel YouTube ini adalah ada beberapa tutorial masak yang ditujukan untuk anak kos. Jadi anak-anak kos bisa masak dengan alat masak yang seadanya. Nyesel banget aku baru tau akunnya Pufflova ini setelah menikah. Tau gitu kan waktu masih kos dulu bisa tetap masak-masak gitu.

Mayoritas video dari Pufflova ini adalah tutorial memasak dessert. Jadi yang doyan ngemil makanan yang manis-manis pasti cocok banget mengikuti akun YouTube ini. Apalagi caranya masak bisa dibilang gampang-gampang buanget. Aduh, emak-emak bisa ajak anaknya masak nih kayaknya. Supaya suasana rumah tambah seru di tengah pandemi yang mencekam ini.


Gak banyak channel YouTube masak-memasak yang aku ikuti. Tapi tiga itu sudah cukup untuk aku belajar memasak saat di rumah aja macam ini. Selain itu, walaupun gak lagi pengen masak aku juga tetap suka buka-buka videonya, terutama saat puasa kayak gini. Soalnya, penampakan makanannya itu lho, menggugah selera. Astaghfirullah, lagi puasa ya. Yaampun, aku khilaf lagi. Betapa lemahnya imanku ini. Sepertinya harus cepat-cepat nonton video kajian lagi nih.

Eh, kalau kalian punya channel YouTube andalan gak? Buat menghabiskan waktu di rumah aja gitchuuu.

Wassalamu'alaikum.

You May Also Like

12 komentar

  1. Dari ketiga nama Youtuber di atas, cuma sering dengar namanya Chef Arnold karena ada di Masterchef :D terus jadi penasaran, Chef Juna ada Youtube-nya juga nggak ya mba? :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, aku jadi ikut-ikutan kepo nih. Si chef Juna juga punya channel YouTube gak ya. Tapi kalau ada mudah-mudahan bagi resep yang gampang-gampang aja. Kalo yang belibet macam di MasterChef gitu kyk nya aku gak bisa ikutin, mbak.😂

      Delete
  2. Waaah, boleh juga yang tutorial masak dengan alat seadanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba nonton, mas. Ntar bisa praktek masak dengan alat seadanya.😆

      Delete
  3. Mba roem mau aku tambahin ga, tapi yang suimple banget khas masakane wong jawa, masakan rumahan gitu, hostnya juga medok bianget, tapi kelihatan gampil dan videonya bagus...namanya klo ga salah masak yuk, yang jadi hostnya biasanya dipanggil mama bay, nah aku buasanya nyontek resep dan mraktekin masakannya blio

    Klo dari list sepertinya yag terakhir menarique soalnya ada resep untuk makanan ala ala anak kos hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, oke tuh Mbak Nit. Bakal aku intip dulu channel nya masak yuk. Siapa tau aku juga terinspirasi nyobain resep-resepnya. 😆

      Iya nih, Mbak. Biasanya kan anak kos suka susah masak gara-gara alatnya terbatas, ya. Tapi ternyata masih bisa buat masak, lho. Asal kreatif memaksimalkan manfaat alat-alat masak yang terbatas itu.🤭

      Delete
  4. Dari ketiga channel YouTube itu aku belum pernah nonton sekalipun, soalnya ngga hobi masak mbak.

    Tapi kalo soal nama sih kadang kadang aku dengar apalagi kalo blog walking ke blog emak emak, terutama chef Gozali. Kalo ngga salah, mbak Nurul pernah posting dia ikut lomba masak chef Gozali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak nyangka ternyata William Gozali juga pernah ngadain lomba masak. Tapi kalau aku sepertinya belum berani ikut loma-lombaan soalnya masakan rasanya juga selera lidah sendiri. Bagiku enak, tapi belum tentu bagi orang lain enak. Hehehe.😂

      Delete
  5. Aku penggemar channel-nya Will Goz nih :D udah beberapa kali ngikutin resepnya dia dan benar-benar enak hasilnya. Padahal dia chef juga ya, tapi resep yang dia bagiin tuh ala rumahan banget dan mudah diikuti oleh ibu-ibu rumahan yang skill masaknya ala kadarnya macam aku 😂 resep willgoz favorit aku tuh ayam mentega sama bakmi ayamnya.

    Aku nambahin satu channel lainnya, Mba. Kalau suka masakan chinese food, coba tengok channel-nya Eddy Siswanto deh, dia juga pernah ikutan masterchef gitu. Resep-resepnya dia juga ala rumahan, aku pernah coba ngikutin resep semur sapinya dan enakkk (:

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget, Mbak Jane. Resepnya Will Goz emang gampang diikuti semua. Bahkan aku yang pemula juga bisa ngikuti resepnya dan hasilnya pun enak. Dari semua videonya Will Goz sih aku baru coba yang ayam karagenya doang. Tapi sepertinya bakal coba resepnya yang lain, soalnya enak. 🤭

      Wah, terimakasih infonya, Mbak. Bakal ngintipin channelnya Eddy Siswanto juga nih, bakalan. Siapa tau bisa coba-coba resepnya juga. Waktu gak bisa ke mana-mana kyk gini enaknya masak-masak. Walaupun skill masak pemula tapi siapa tau bisa tetap makan makanan rasa resto.🤭

      Delete
  6. yang kutahu cuma chef arnold karena juri masterchef dan suka ngonten di twitter.. :D

    -traveler paruh waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, mas. Aku taunya juga dari situ. Kalau yang lain-lain baru tau karena sering nongol di timeline.:-D

      Delete

Komentar akan dimoderasi. Jadi mohon maaf sekali apabila komentar yang tidak sopan, mengandung kata kasar, menyinggung SARA, spam, dan yang berisi link hidup terpaksa tidak saya terbitkan. Terima kasih sudah mampir dan berkomentar.😄