Basic Skincare: Sebuah Panduan Skincare Mudah Bagi Pemula

by - July 05, 2020

basic-skincare-panduan-mudah-skincare-untuk-pemula

Assalamu'alaikum

Ealah alaaaaaah, gaya banget judulnya. Macam tutorial cepat kaya click bait yang bertebaran di internet aja. Eh, tapi kalau beneran mengundang klik gakpapa juga, sih. Biar nambah pageview. Siapa tau aku bisa jadi femes. Muehehehe.πŸ˜‚

Jadi sejak pertengahan tahun lalu aku lumayan sering share pengalaman menggunakan skincare. Niatnya sih buat bikin jurnal perjalanan kulit wajahku dalam rangka menuntaskan jerawat dan memudarkan bekas jerawat. Tapi lama-kelamaan aku gak cuma share itu di blog aja, tapi juga di media sosial yang aku pake: Instagram

Sebenarnya aku share di media sosial itu juga gara-gara sering main ke blognya Mbak Rey. Kalau kata Mbak Rey, kita bisa melakukan branding dengan cara sering share tulisan kita ke media sosial. 

Nah, sepertinya sih branding tipis-tipis yang aku lakukan di media sosial itu mulai nampak hasilnya, gaes. Sedikit demi sedikit teman-temanku ngeh kalau aku sedang suka jajan mendalami skincare. Akhirnya, banyak berdatangan pertanyaan dari temen-temenku melalui dm Instagram maupun WhatsApp. Dan kebanyakan dari pertanyaan itu adalah menanyakan rekomendasi produk skincare apa yang sebaiknya mereka pake.

Bingung aku jadinya. 

Aku sudah berpikir siang dan malam lalu balik ke siang lagi terus ketemu malam lagi gitu aja terus sampai lima kali, tapi tetep aja aku bingung menjawab pertanyaan-pertanyaan itu. Mau gimana lagi, aku bukan dokter kulit dan kelamin gitu, lho rek. Aku cuma manusia biasa yang suka coba-coba skincare buat mengatasi masalah di raiku sendiri. Kalau rai kalian kan aku gak tau kondisinya gimana, sensitif sama bahan apa aja, jadi aku gak bisa rekomendasikan produk skincare tertentu buat kalian. Jangan-jangan ntar kalau produk skincare yang aku rekomendasikan gak cocok di rai kalian, malah aku yang disalahkan.πŸ˜–

Lalu aku mulai merenung. Apa sih yang aku lakukan saat pertama-tama memulai menggunakan skincare dahulu kala? 

Oh iyoooooo

Basic skincare, rek. Awal mula aku skincare-an iku melakukan basic skincare duluuuu.πŸ˜†


BASIC SKINCARE
Apaan tuh basic skincare?

Yang aku tau sih basic skincare adalah skincare yang harus dipake setiap hari bagi para insan-insan yang berdedikasi untuk ingin tetap kinclong setiap saat. 

Apabila kalian-kalian tidak punya niat mempertahankan kulit wajah agar tetap sehat dan kinclong ya gakpapa kalau gak melakukan basic skincare. Toh memang preferensi tiap orang kan beda-beda. Preferensiku sekarang adalah punya kulit yang sehat, mungkin aja preferensimu bukan itu. Bisa jadi preferensimu cepat kumpulin uang yang banyak supaya bisa beli sepeda Brompton buat pencitraan sebagai kaum sultan atau malah preferensimu pengen sukses menurunkan berat badan supaya dilirik si dia. 

Intinya preferensi tiap orang mungkin berbeda. Tapi karena ini sedang membahas tentang skincare, jadi mari kita anggap kalau aku dan kalian yang baca ini punya preferensi yang sama, yaitu pengen punya kulit sehat, kinclong, nan kinyis-kinyis. Jadi dalam hal ini kita wajib melakukan basic skincare setiap hari (kalau kelupaan sekali dua kali gakpapa kali ya, pokok teorinya wajib πŸ˜‚).

Apapun jenisnya (mau yang kering, normal, berminyak, kombinasi), kulit kita butuh banget sama yang namanya basic skincare. Ketika kita gak pake serum, essence, ampoule, dan face mask, kulit kita gak akan kenapa-kenapa. Karena memang serum, essence, ampoule, dan face mask hanyalah produk kecantikan tambahan. Yang utama ya tetep, basic skincare. Toh produk kecantikan tambahan itu gak bakal bekerja secara optimal jika kita gak bener basic skincare nya. Singkatnya dapat disimpulkan bahwa: tanpa basic skincare jangan harap hasil yang ingin kalian dapatkan (bebas dari jerawat, glowing, lembab, dan apalah-apalah itu) bisa kalian capai!

Jadi, ketika kita ingin memulai untuk dapat hasil kulit yang kita inginkan, yang kita lakukan mula-mula adalah dengan basic skincare itu. Setelah basic nya udah kuat, nah bisa tuh mulai coba-coba produk skincare tambahan macam serum, essence, ampoule, dan konco-konconya.

CTMP: LANGKAH-LANGKAH BASIC SKINCARE
Langkah-langkah untuk melakukan basic skincare dengan baik dan benar biasa disebut dengan CTMP. CTMP ini sebenarnya adalah suatu singkatan aja untuk memudahkan kita memahami urutan langkah dari basic skincare. Jadi kepanjangan dari CTMP adalah:

Cleansing - Toning - Moisturizing - Protecting

alias kalau di bahasa Indonesia kan menjadi:

Membersihkan - Menghidrasi - Melembabkan - Melindungi

Untuk lebih jelasnya, setiap langkah akan aku bahas di bawah ini ya, teman-temanku yang baik hatinya.πŸ€—

Cleansing
Kalian pernah gak, sudah pake skincare yang katanya buagus banget dan merupakan holy grail nya beauty influencer papan atas tanah air, tapi kok tetep jerawatan, komedoan, dan kusam terus-terusan? Bisa jadi itu bukan karena kalian gak cocok sama bahan kandungan di skincare yang kalian pake. Melainkan gara-gara sebelum menggunakan skincare, kalian gak membersihkan wajah sampai benar-benar bersih terlebih dahulu.

Tumpukan bekas make up, sisa sunscreen, debu, kotoran, dan polusi yang nemplok di kulit kita-kita ini bisa menimbulkan efek yang gak bagus di kulit kita. Efek gak bagus itu bisa jadi jerawat, komedo, atau juga kulit jadi kusam. Selain itu, kalau kotoran-kotoran itu masih ada di kulit kita, skincare yang kita pakai bakalan gak bekerja dengan efektif. Gimana mau efektif, lha wong para skincare itu mau masuk ke dalam kulit tapi gak bisa gara-gara terhalang para kotoran hina tersebut. Oleh karena itu, kita harus membersihkan kulit wajah kita dengan benar-benar bersih terlebih dahulu sebelum kita menggunakan skincare selanjutnya.

Untuk membersihkan kulit kita supaya benar-benar bersih, kita membutuhkan dua jenis cleanser, rek. Perkenalkan, nama mereka first cleanser dan second cleanser. Dua-duanya sama-sama membersihkan, tapi punya fungsi yang berbeda. Nah, bingung, kan? Kalau bingung dibalik dulu bajunya lanjut baca lagi supaya gak bingung.

Bekas make up, sisa sunscreen, debu, kotoran, dan polusi yang bertengger manis di kulit kita gak bisa dibersihkan hanya dengan menggunakan air wudhu tok, gaes. Kita memerlukan oil based cleanser untuk membersihkan kotoran-kotoran itu. Dan oil based cleanser itulah yang biasa disebut dengan first cleanser.

First cleanser ini bisa dalam bentuk beberapa macam jenis produk. Kurang lebih yang aku tau adalah dalam bentuk milk cleanser, cleansing balm, dan cleansing oil. Selama ini first cleanser yang pernah aku coba cuma berbagai macam varian milk cleanser nya Viva doang. Itu karena milk cleanser nya Viva menurutku sudah joss gandos kotos-kotos buat membersihkan make up ringan di wajahku dan yang terpenting adalah dia amat sangat ramah di kantong. Makanya aku suka dia.😍

Sementara yang satunya, second cleanser, adalah pembersih wajah untuk membersihkan sisa-sisa first cleanser yang sebelumnya kita pakai. Second cleanser ini berupa sabun muka yang biasa kita pakai. Gak usah aku kasih tau lah ya, produk-produknya apa aja. Soalnya aku yaqueen kalian semua sudah tau dan sudah punya sabun muka andalan kalian sendiri. Tapi kalau boleh saran, carilah sabun muka yang gak mengandung SLS supaya wajah kalian terhindar dari efek kering kerontang sampai terasa ketarik-tarik gitchuuu.

Produk sabun muka yang terakhir aku pakai
Ngomong-ngomong aku hanya menggunakan first cleanser di malam hari aja. Alasannya karena aku perlu membersihkan wajahku dari residu sunscreen dan bekas make up ringan di malam hari. Jadi ketika tidur malam, mukaku sudah bersih dan gak ada bahan yang menyumbat pori-pori yang nemplok di mukaku. Sementara di pagi harinya aku skip first cleanser, alias langsung cuci muka pake sabun muka aja.


Toning
Sebenarnya toner itu ada dua macam: exfoliating toner dan hydrating toner. Dua-duanya memiliki fungsi yang berbeda pula. Yang exfoliating toner berfungsi mengeksfoliasi kulit alias mengangkat sel kulit mati, sedangkan hydrating toner berfungsi untuk menghidrasi kulit.

Kalau kalian pemula di dunia per-skincare-an, yang wajib kalian pakai adalah yang hydrating toner, rek. Eh, ini ceritanya yang exfoliating toner di skip dulu, yes. Kapan-kapan kalau sempat kita bahas tersendiri si exfoliating toner ini.🀭

Yuk, balik lagi ke hydrating toner.

Opo se iku menghidrasi kulit??

Menghidrasi kulit iku artinya memberikan kelembaban pada kulit kita. Gunanya adalah untuk menyiapkan kulit kita supaya siap untuk menerima perawatan selanjutnya. Kalau kulit kita sudah lembab, produk skincare yang kita pakai selanjutnya akan bisa terserap dengan lebih baik ke dalam kulit kita. Makanya, penting banget pake hydrating toner supaya kinerja skincare selanjutnya itu lebih optimal gitu lho, gaes.

Hydrating toner kesayangan
Untuk produk hydrating toner ini buanyak banget di pasaran. Setiap brand yang memproduksi produk-produk skincare kemungkinan besar pasti juga memiliki produk hydrating toner ini. Tapi di antara hydrating toner yang pernah aku coba, yang paling nyaman buat kulitku yang kering ini ya baru si Hatomugi. Tapi sayangnya si Hatomugi ini masih mengandung alkohol dan paraben. Jadi kalau kalian punya masalah dengan dua kandungan itu sebaiknya cari alternatif produk lain ajeeeee. Kalau aku sih gak ada masalah sama mereka.πŸ˜‚


Moisturizing 
Ini niiiiih, produk yang biasa di-skip sama para insan pemilik kulit wajah berminyak. Yoi, moisturizer aka pelembab wajah.

Kadang aku suka bingung, kenapa sih kalian-kalian yang punya kulit berminyak banyak yang suka gak pake pelembab. Apa gara-gara kalian sudah merasa kulit kalian sudah cukup berminyak dan takut kalau tambah minyakan kalau pakai pelembab??

Kalau memang iya, berarti apa yang ada di pikiran kalian itu salah, rek. Kalian jangan terlalu suudzon sama pelembab wajah. Pelembab wajah itu baik, gak jahat seperti yang kalian kira..πŸ˜–

Apapun jenis kulitnya (entah itu normal, berminyak, kering, kombinasi), semuanya butuh pelembab wajah. Karena eh karena, si pelembab wajah lah yang berfungsi mengunci kadar air yang sudah kita dapatkan dari skincare sebelumnya. Tanpa pelembab wajah, kadar air yang kalian dapat dari hydrating toner itu bisa menguap, rek. Kalau kadar airnya menguap, kulit wajahmu yang sebelumnya lembab bisa cepat jadi kering. Dan kalau kulit wajahmu kering, kulitmu itu bakal mengirimkan sinyal ke otakmu untuk memproduksi minyak sebagai respon untuk melembabkan wajah. Kalian tau apa artinya? Iya, kulitmu yang awalnya sudah berminyak bisa makin minyakan kalau kalian skip pelembab wajah. 

Guna memberikan rasa nyaman pada kulitmu, maka pakailah pelembab wajah yang sesuai untuk jenis kulit masing-masing. Kalau punya kulit wajah yang berminyak, pakailah pelembab yang punya tekstur yang ringan. Sedangkan kalau punya kulit wajah kering, macam aku ini, pakailah pelembab wajah yang lebih rich dan creamy.

Wardah hydramild moisturizer cream
Ngomong-ngomong aku nyaman banget pake pelembab wajahnya Wardah yang Aloe Hydramild Moisturizer Cream. Pelembab ini cukup nyaman aku pakai, selain itu harganya juga terjangkau banget.


Protecting
Sudah bersihkan muka, sudah menghidrasi kulit pakai hydrating toner, lalu sudah mengunci hidrasi itu pakai pelembab. Apakah itu sudah cukup?

Ternyata eh ternyata, masih belum cukup, rek. Kurang satu lagi. Kulit kita masih membutuhkan proteksi untuk melindunginya dari sinar matahari. Dan tahukah kalian, kalau sinar matahari tuh salah satu faktor yang bisa merusak kulit kita. Jadi tanpa adanya proteksi, kulit kita bisa timbul garis halus ataupun merah-merah karena terbakar sinar matahari. Oleh karena itu kita butuh banget sunscreen sebagai proteksi kulit. Kalian gak mau kan, masih muda tapi sudah muncul kerutan-kerutan halus di wajah??

Produk sunscreen yang sedang aku pake
Sebagai informasi, sunscreen yang harus di-templok-kan ke wajah kita supaya bisa melindungi kulit wajah kita secara optimal adalah sebanyak dua jari kita. Iya, kalian gak salah baca: sebanyak dua jari kita. Jadi kalau kalian ingin skincare bekerja dengan baik tanpa ada intervensi dari sinar matahari, ya pakailah sunscreen sebanyak itu. Ditambah lagi supaya kinerja sunscreen terus efektif, harus reapply dua jam sekali. 

Pakainya sunscreen segini ya, zheyengku
Iya sih, rempong. Tapi kalau pengen tetap kinyis-kinyis setiap saat ya harus rela melakukannya setiap hari. Eh iya, karena sunscreen digunakan untuk proteksi dari sinar matahari, maka kita hanya menggunakannya saat morning skincare routine aja. Saat skincare routine di malam hari kita gak perlu lagi pakai sunscreen.

Lebih mudahnya kyk gini nih:

Skincare Routine Pagi Hari
Second Cleanser - Hydrating Toner - Moisturizer - Sunscreen

Skincare Routine Malam Hari
First Cleanser - Second Cleanser - Hydrating Toner - Moisturizer

Gimana, rek? Rempong kah menurut kalian? Kalau ini aja menurut kalian sudah rempong, apalagi skincare yang dipakai sama unnie-unnie dan oppa-oppa Korea idola kalian itu. Lebih rempong lagi, coy. Yang basic ini cuma empat langkah doang, mereka bisa sampai 10. πŸ˜‚

Tapi ya balik lagi, kalau pengen kulit wajah terawat dan kinclong selalu usahakan rutin merawat kulit. Awali dengan mengenali kulit kalian dulu, lalu gunakan basic skincare yang sesuai dengan kondisi kulit kalian. Selain itu pastikan skincare yang kalian gunakan aman dan sudah terdaftar di BPOM. Kalau sudah khatam basic skincare nya, boleh lah kalau mau cobain steps skincare ala oppa Korea.

Wassalamu'alaikum.

You May Also Like

57 komentar

  1. aku juga pakai cleansing dan mosturising
    tapi produk pria hehe
    yang penting biar enggak kulu kulu kalau kata orang jawa
    terus di kulit jadi adem enggak gampang jerawatan
    itu si yang penting

    makasih sharingnya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, mas. Sekarang produk skincare emang gak cuma ditujukan buat perempuan aja ya, mas. Banyak brand juga yang bikin produk skincare khusus laki-laki. Dan itu amat sangat membantu banget buat mengubah pola pikir kalau cuma perempuan aja yang butuh merawat kulit, laki-laki pun sama. Supaya tetap kelihatan charming gitu. Dan yang penting sih anti kulu-kulu anti kumus-kumus. Eh, kulu-kulu sama kumus-kumus sama ding ya, mas? πŸ™ˆ

      Ngomong-ngomong makasih banget sudah mampir ke sini, mas.πŸ˜†

      Delete
  2. Amiiin ..., ikut kudoakan kak Roem cantik ini kelak jadi beauty blogger femes.
    Ntar kalau udah femes jangan lupa sama kita-kita ya hehe 😁

    Karena dari belia aku termasuk pemerhati kesehatan dan penampilan kulit wajah, menurutku pribadi rangkaian perawatan wajah yang diulas kak Roem bukanlah suatu hal yang ribet alias rempong buat dijalani πŸ™‚.
    Kalau seseorang ingin memiliki kulit yang sehat, ya sebaiknya rutin perawatannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Tapi kyknya mustahil deh, Mas Him. Soalnya post nya juga asal-asalan gini.πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Setuju banget, mas. Kalau memang ingin punya kulit sehat ya sebaiknya rutin dirawat. Dan gak perlu yang ribet macam trend skincare Korea yang sampai 10 langkah. Cukup yang basic aja 4 langkah tapi rutin itu aja udah buagus banget efeknya di kulit.πŸ˜„

      Delete
  3. Iya kak, aku sekarang malah lebih ke basic skincare malamnya, tapi kalau pagi cuma pake toner yang ada kandungan pelembab nya, soalnya kalau pagi pake yg rich itu siangnya malah minyakan dan bisa bikin jerawat.
    Satu lagi, dulu aku selalu pake protection, tapi entah kenapa sejak pake sunscreen tiap hari malah jerawatan aku mba eee ToT . Dan itu bukan satu produk aja loh mba, udah beberapa aku coba malah jadi jerawatan sama aja T.T

    Jadi aku memang pake sunscreen, tapi kalau keluar rumah, kalau di dalam rumah nggak lagi, sakit hatiku melihat jejerawatan inihhh :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang ya, cari sunscreen yang cucok di muka tuh susah banget, Far. Aku pun gitu belum nemu yang cocok di muka aku. Kalau di aku bikin jerawatan sing nggak, cuma muka ini jadi kyk kilang minyak kalau pake sunscreen.😭

      Delete
  4. Wahhh, ilmu pengetahuan dan racun apa lagi ini yang disebar kak Roem πŸ˜‚
    Pagi-pagi baca ini, semakin menambah motivasiku untuk kembali ke basic skincare aja. Selama ini aku malah skip moisturizer padahal kulitku kombinasi tapi karena kurang suka hasil dari moisturizer yang oily apalagi kalau ditambah sunscreen, bisa makin oily, makanya aku kurang suka πŸ˜…
    Tapi sekarang mau tobattt. Dikit lagi produk-produk yang lagi aku pakai udah mau habis, kalau udah habis, aku mau kembali ke basic skincare aja aah πŸ˜†

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, coba moisturizer yang teksturnya ringan aja Lia. Supaya gak berasa greasy πŸ˜„. Eh, tapi kalau sunscreen ini biasanya juga bikin aku gak nyaman. Entah kenapa aku belum menemukan sunscreen yang bener-bener nyaman di aku. Selama ini yang aku pake rasanya bikin gampang minyakan semua.😭😭😭

      Delete
    2. Aku tertarik buat cobain Joylab nih kak, yang seri terbaru. Kak Roem tau nggak?

      Eh iya, untuk sunscreen juga aku sama. Dari Skinaqua sampai Biore, ujung-ujungnya juga bikin minyakan. Apa emang semua sunscreen kayak gini ya? 😭
      Apakah kita harus coba produk sunscreen buatan Liah Yoo yang femes tapi mahal itu? 😭

      Delete
    3. Belum tau aku yang joylab. Ketahuan deh, aku orangnya gak update. Hehehe.

      Sekarang aku lagi coba yang Biore nih, Lia. Nyaman dan gak minyakan sih. Tapi hasil akhir si Biore ini di kulitku kok kelihatan kusam ya. Sudah warna kulitku ini cokelat, eh pake Biore jadi malah tambah beberapa tingkat lebih gelap lagi. Duh, jadi kyk berhari-hari gak cuci muka soalnya warna kulit wajah sama tangan jadi beda banget.🀣🀣🀣

      Wah, kalau harga mahal aku mundur aja, Li. Gak kuat aku kalau harus keluarin duit buat produk high end. Mending muka pake Biore aja deh, biar kelihatan makin eksotis.🀭

      Delete
    4. Sekarang jadi tahu kan kak? Ayo nanti kapan-kapan cobain #balesngeracun

      Biore juga sama di aku! Bikin kusam gitu. Awalnya nggak ngeh terus lama-lama berasa kok kusam ya, ternyata banyak yang sepengalaman setelah aku baca berbagai repiuw πŸ˜‚

      Kalau Emina udah coba kak? Lebih murah nih hanya 29rebuuu, aku udah botol ke2 dan dia nggak bikin muka kusam kalau di aku. Spfnya lebih rendah sih dibanding Biore πŸ˜‚

      Kak Roem kok mundurnya sendirian? Barengan lah! Aku juga nggak kuat kalau harus beli produk high-end, takut candu juga, berabe nanti 🀣

      Delete
    5. Okelah kalau gitu, jangan pake yang mahal banget dulu, Li. Ayo kita cobain si Joylab dulu. Tapi aku habisin sunscreen ku yang ada di rumah dulu.🀭

      Emina sebenarnya lumayan oke juga sih, Li. Murah, proteksinya lumayan oke (bagiku 30 aja udah oke soalnya kulitku udah cokelat), gak white cast, tapi agak bikin minyakan. Tapi mau coba beli lagi sih. Siapa tau waktu itu aku berasa agak minyakan gara-gara memang cuaca di tempatku tinggal panas banget.πŸ˜‚

      Delete
  5. Mba, Hatomugiku udah mau abis dan aku lagi galau mau cari hydrating toner apa. Mau coba produk baru.

    Aku juga lagi gak neko-neko sekarang skincare-nya. Basic aja. Serum-seruman gak pakai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, mbak. Kalau buat ibu hamil dan menyusui paling oke pake basic skincare aja. Dan juga yang paling penting harus cari produk yang benar-benar aman buat ibu hamil dan menyusui.πŸ˜„

      Kalau aku sekarang pakai HTE Avoskin, Mbak. Aku pake sebagai toner. Dan kabarnya dia juga aman untuk ibu hamil dan menyusui. Tapi sayangnya gak alkohol free..

      Delete
  6. Alhamdulillah sudah bener tahapannya, malam hari itu loh, aku suka nggak telaten. Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gakpapa, mbak. Yang penting malam itu sudah bersihkan wajah sebelum tidur aja udah bagus.🀭

      Delete
  7. wkwkwkwkwkwk, ciyeeehhh yang makin femes jadinya :D

    Diriku suka dong dengan IGnya, isinya kece, nggak kayak IG saya, isinya mukanya si Rey semua hahahahaha

    Btw, ternyata first cleanser sekali sehari aja ya, kalau saya dong 3 kali sehari, ckckckck.

    Pagi sebelum mandi, sebelum mandi sore, dan sebelum tidur malam.
    Pakai micellar water pula, alhasil lebih cepat habisnya hahahaha.

    Kalau saya selalu nggak lupa cuci muka, yang malas itu pakai krim malam atau pagi.

    tonnerpun kadang skip, hanya saja sekarang saya lagi kesemsem sama Tonnernya AHC, jadi rajin makenya.

    palingan pake micelar water, cuci muka pakai facial wash, pakai tonner, serum dan udah hahaha.
    Kalau rajin, baru deh ditambah krim lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak femes juga sih, Mbak Rey. Yang notice aku cuma temen-temen SMA sama kuliah doang πŸ˜‚. Dan sebenarnya gak majang foto wajah di feed juga gara-gara insecure sama diri sendiri, Mbak..🀭

      Rajin banget, mbak, tiga kali sehari pake first cleanser. Aku malah banyak malesnya. Pengennya cuma cuci muka aja udah gitu, mbak. Sama pake sunscreen itu malesnya pake banget. Tapi kalau toner sama moisturizer selalu pake aku, mbak. Soalnya muka kering banget kalau gak pake dua itu. Hehehe.

      Delete
    2. ehgapapa, awal-awal cuman teman lama, lama-lama makin femes :D
      hahaha, padahal manis loh dirimu say.

      mamak Rey aja nggak tahu malu, semua feednya penuh muka wakakakakaka.

      Iya nih, soalnya kan memang cuci muka 3 kali sehari, kadang kalau nggak double cleansing itu berasa nggak bersih aja.

      Dulu saya pakai micelar water pas sore dan pagi aja, kalau malam pakai pembersih biasa.
      Tapi sekarang susah cari pembersih yang saya pakai itu, jadinya pakai micelar water aja deh :D

      Delete
    3. Tetep gak pede, Mbak Rey. Mungkin gara-gara dari kecil sudah jadi korban body shaming kali ya. Jadi suka gak pede sama penampilan diri sendiri.😭😭😭

      Kalau aku sampai sekarang cuma pakai Viva doang, Mbak Rey. Kapan-kapan pengen coba yang lain juga sih. Eh, Mbak Rey sekarang lagi pakai apa? Aku pengen beli juga nih.πŸ˜†

      Delete
  8. kayaknya mulai dari sekarang harus rajin-rajin double cleansing kalau malam hari ya... saya tuh anaknya malesann sih jadi kemarin2 jarang banget... alhasil kulit jadi jerawatan... -_-

    makasih tipsny kakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, kak.

      Iya, kak rajin-rajin double cleansing dulu aja. Karena bisa jadi yang bikin jerawatan itu ada kotoran yang menyumbat pori-pori.πŸ˜„

      Delete
  9. Semoga saja nanti mbak Roem bisa menjadi beauty blogger femes, Amin. Semoga kesampaian cita citanya.

    Kalo aku ngga terlalu memperhatikan atau merawat kulit, mungkin karena ndeso. Paling biasanya hanya pakai sabun biasa saja kalo mandi. Selebihnya ya biasa saja. Mungkin karena cowok kali ya, beda dengan cewek yang lebih memperhatikan penampilan.πŸ˜„

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih punyaku ngga dibalas, mbak Roem tega.πŸ˜‚

      Delete
    2. Aamiin πŸ™. Tapi sebenernya gak berani jadi femes aku, mas. Apalagi kalau femesnya jadi beauty blogger, soalnya tampang gak beauty. Ntar banyak yang bully jadi gak tenang hidupku, mas.πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Itu sih emang gara-gara cowok kebanyakan prioritasnya bukan penampilan, mas. Kalau cowok sih penampilan kyk gimana aja pasti tetep laku. Gak kyk cewek, kalau gak menarik susah dapat jodohnya. Macam aku ini dulu.😭

      Delete
    3. Masih antri dulu, Mas Agus. Soalnya takut kalau ada komen yang kelewat gak dibalas. Ini yang di atas udah aku balas.🀭

      Delete
    4. Ah kata siapa, mbak Roem udah beautiful kok, apalagi kalo pakai kacamata, mirip dengan karakter Ai Haibara di detektif Conan.

      Cowok kalo penampilan nya biasa tapi pakai Lamborghini memang lebih laku dari pada yang ganteng tapi naik Vespa.πŸ˜‚

      Delete
    5. Nganu, mas. Tapi ai haibara gak pake kacamata, mas.πŸ˜‚

      Eh ngomong-ngomong sekarang Vespa lagi ngetrend lho, mas. Apalagi yang Vespa matic itu. Gak usah pake Lamborghini, cowok pake Vespa matic aja pasti sudah dikejar-kejar cewek tuh.🀭

      Delete
    6. Tapi kalo dibandingin sama cowok yang pakai Lamborghini itu sepertinya lebih dikejar yang pakai Lambo mbak, padahal itu Lambo punya majikannya.🀭

      Delete
    7. Oh ternyata kenal Ai Haibara juga, kirain aku ngga kenal mbak, kirain tahunya upin Ipin saja atau Sinchan.😁

      Delete
    8. Sebenarnya emang taunya cuma Upin Ipin sama Shinchan doang, mas. Itu aku balasnya setelah browsing di google.πŸ˜‚

      Delete
  10. Oalah ternyata begitu gambaran basic skincare. Dari CTMP, aku gak pake T dan P. Baiklah, aku coba sarannya kak. Semoga bisa bantu kulitku jadi lebih sehat dan gak kusam. Cuma masih bingung juga sih pilih merk toner dan sunscreen nya. Karena kulitku tipe berminyak dan akhir-akhir ini sering jerawatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya ada juga yang bilang basic nya cuma CMP aja, Mbak. Jadi bagi sebagian beauty enthusiast ada yang berpendapat toner itu gak wajib. Jadi kalau gak nyaman pakai toner, skip aja gakpapa, Mbak. Skincare yang penting kan kita nyaman dan happy saat memakainya.πŸ˜„

      Tapi kalau yang sunscreen ini menurutku harus banget pake. Soalnya dia ini bisa menghambat pembentukan garis-garis halus dan flek di wajah. Tapi selama ini aku juga belum menemukan sunscreen yang cocok di aku Mbak. Soalnya memang yang aku pakai selama ini kebanyakan bikin minyakan.😭

      Delete
  11. Replies
    1. Samaaaaa. Dia juga sunscreen favoritku sampai saat ini, Dyn. Tapi tetep pengen coba lainnya sih, soalnya masih ada yang bikin kurang nyaman.🀭

      Delete
  12. Replies
    1. Ini masih yang basic nya, Mbak. Masih ada lagi yang lebih banyak stepnya.🀭

      Delete
  13. nggak rempong doong.. sepakat bgt sih mbak sama poin2 di atas. btw serius pke sunscreenya segitu? jangan2 selama ini aku salah pakai sunscreen nih, wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baiknya sih seukuran dua jari, Mbak El. Tapi kalau aku lagi di rumah aja, gak keluar-keluar pakainya juga gak sebanyak itu. Suka males soalnya, Mbak El.πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Delete
  14. Assalamualaikum... Mbak Roem.. Mampir maneh..Sillaturahmi

    Eh mbak, saat baca paragraf pertama, saya jadi pingin bikin artikel panduan yang ada hubungannya dengan "care". misal Panduan Bo Care... how?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam.

      Jos banget itu. Bermanfaat banget buat yang punya masalah pencernaan tuh, dok. Kebetulan belakangan ini aku juga sering konstipasi.πŸ™ˆ

      Delete
  15. Duh butuh referensi soal moisturizer lagi nih khususnya untuk kulit kombinasi cenderung berminyak kayak aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pakai yang teksturnya ringan macam gel dulu, Mbak PutriπŸ˜„

      Delete
  16. Uda dibookmark dari kemarin, sengaja bacanya sekarang biar nda binund sampai ndadak buka baju segala #fokus ama kata yang dicoret, gegegegekk

    Jadi pv aman kan?.....Naik terooos ntar kudoakan bisa tembus sampe jutaan amiiin...

    Sebenernya postingan ini yang lagi aku butuhin banget mba roem #maklum ai kan berada dalam jajaran penghamba wajah kinyis-kinyis yang kalau pipinya dicolek makcenul kayak pipi bayik hihi...😍

    Eh intro duluan deh, nganu...mau nimbrung soal ditanya-tanya netijen. Karena kitah senaciiib...aku pun juga ditanya-tanya netijen. Soalnya beberapa waktu lalu ada yang mendadak mampir ke postingan organikku waktu aku ngasih cerita pengalaman lahiran, tapi kadang aku jawabe yo nganti speechless, sebab ku bukan obgyn yang tauk riwayat kesehatane beliau yang tanya ini hahaha...lah gimana ga keder, wong pertanyaannya ngluihi pas konsultasi reng dokter hahahha, haruse kata pak suami yang tanya itu suruh dolan sambil bawain gula kopi yen pingin dicritani lebih detil hahahahha #lah kok malah ngalor ngidul gini ya komenku..πŸ˜‚πŸ˜‚

    Balik ke lep-top...

    Hmmm, takcatat baik-baik ini step-stepnya Mbak Roem. Lumayan nambah khazanah jenis-jenis basic skincare serta fungsinya sembari manggut-manggut pas ngulas bagian pelembab yang kenapa hampir selalu disuuzoni oleh pemilik wajah type oily..

    Dan aku jadi paham, kalau ingin fungsi sunscreennya bekerja nyata ya takaran pakenya nyampe segitu (lirik foto 2 telapak jari) πŸ˜‚πŸ˜ƒ

    oke oke....langsung takpraktekin sembari hunting merek yang sekiranya cucok di wajahku yang cenderung kering inih...

    Makasih sharing bermanfaatnya ini mba roem,
    Panoetanqoeh lah bab ketjantikan pokoknya dikau ini mah ahahhaha 😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Sudah meningkat daripada dulu, Mbak Nit. Tapi masih dikit banget kalau dibandingkan temen blogger yang lain.🀭

      Ngomong-ngomong tentang netijen, mereka kadang memang suka seenaknya kalau tanya. Orang biasa ditanyai pertanyaan rumit yang kudunya dijawab sama dokter. Yang jawab ini lho, yang jadi bingung. Gak dijawab ntar dikata sombong, dijawab tapi ilmunya belum mumpuni. Terus kudu piye, Mbak Nit?πŸ˜‚

      Hayuk cari produk yang cocok, Mbak Nit. Ini aku juga lagi cari sunscreen yang cocok. Soalnya lumayan susah cari sunscreen yang beneran cucok di kulit aku, Mbak Nit. Duh, jangan bilang panutan, Mbak Nit. Malu aku, masih noob soalnya.🀭

      Delete
  17. ini yang rutin aku lakukan tiap hari, lebih tepatnya diusahakan kecuali kalo lupa ehehe
    basic step ini merupakan langkah awal kulit kinclong minimal terlihat bersih dan sehat.
    apalagi kalau pas ke klinik kecantikan, yang stepnya juga hampir sama aja. cuman agak mencekik di budgetnya hahahaha
    sunscreen ini selalu dan nggak lupa buat dipakai, soalnya sering di outdoor juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga ya, Mbak Ainun. Memang pas di klinik kecantikan step nya pun mirip. Cuma harganya aku gak kuat. Mending dirawat sendiri aja di rumah aja kali ya, Mbak, kalau kulit gak ada masalah. Dan sunscreen itu yang paling paling paling penting. Anti aging nomer satu lah yang namanya sunscreen. Kalau pengen awet muda di usia yang gak muda lagi, harus cepet-cepet memulai rutin pake sunscreen.πŸ˜†

      Delete
  18. Salah satu hal yang sesali adalah nggak pakai basic skincare dari jaman kinyis kinyis hahahaha 🀣 karena ternyata di Korea, anak-anak sudah diajari pakai basic skincare dengan produknya khusus teenagers. Jadi bisa dibilang saya termasuk telat pakai skincare, mba πŸ™ˆ hehehehe eniho sejak satu tahun terakhir saya mulai pakai skincare yang 7 step, sebab pakai yang 4 step ternyata masih kurang gregettt 🀣

    Seriously post ini akan sangat membantu para pengguna skincare newbie karena penjelasannya sangat rinci namun mudah dipahami 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga tergolong telat pakai skincare, Mbak Eno. Baru beberapa bulan ini, belum sampai setahun. Itu juga sering skip sunscreen. πŸ™ˆ

      Beda sama remaja masa kini, sudah mulai sadar pakai skincare. Mungkin gara-gara sudah tercerahkan karena sekarang banyak beauty influencer di sosial media. Beda dengan jamanku remaja dulu. Akses internet aja gak bisa setiap hari, media sosial pun juga belum punya, tontonan tiap hari cuma Spongebob. Jadi gak punya role model buat terlihat kinyis-kinyis setiap saat. Hehehe.πŸ˜‚

      Delete
  19. Uwah.. Saya pengen juga mbk😍 udah lama nggak skincare'an. Saya mau jadi pemula lagi. Saya pernah beli wardah kayak gambar di atas lho, tapi berhenti setelah beberapa hari pakai karena kerasa berminyak. Iya, kulit saya berminyak, makanya takut pakai pelembab. Padahal tahu kalau itu nggak baik. Pakai viva milk cleanser juga malah jerawatan. Heran, nih muka maunya apa seh?
    Itulah sebabnya bingung mau cari skincare, padahal usia udah 20 tahunan, waktunya rutin pakai skincare biar nggak cepet tua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yang wardah itu memang ada kata-katanya "untuk kulit normal cenderung kering", Mbak Astria. Jadi dia teksturnya lebih rich, alhasil bakal terasa lebih tebel di muka. Kalau aku sih suka banget, soalnya muka memang kering. Dengan dapet yang kyk gini muka jadi terasa lebih lembab. Tapi kyknya kalau buat yang punya tipe kulit berminyak bakal kurang nyaman dengan tekstur yang rich kyk gini.🀭

      Nah, kalau itu kita sama. Biar gak cepet tua. Maklum, usia sudah 20 tahun ke atas. Ini bahkan mungkin sudah waktunya aku cobain produk anti aging, Mbak.πŸ˜‚

      Delete
  20. Wahh formula terakhirnya mantul, singkat namun jelas :D

    Jujur aja nihh aku tuh baru rajin skincare setelah lahiran anak pertama, itu pun setelah sadar "wah kok mulai ada garis-garis halus di bawah mata" huahaha Karena pada dasarnya kulit wajahku normal, nggak pernah ada keluhan apa-apa kecuali jerawat yang muncul sebulan sekali waktu PMS. Tapi produk yang kupakai pun belum plek sesuai standar skincare ini. Masih agak ngasal. Cuma cuci muka dan pake moisturizer. Baru pas dua tahun belakangan ini mulai double cleansing (dulunya pake micellar water sekarang bearalih ke oil cleanser), baru deh pake pelembab. Sesekali aku pake sheet mask cuma nggak tentu juga.

    Nahh, baru-baru ini setelah baca postingan beauty water Mbak Roem, kepengen coba pakai toner. Lagi bingung milih produknya di Sociolla karena ternyata BANYAK banget! Aku harus cek kandungan di setiap produk karena aku ada alergi huhu PR banget deh milih produk skincare ini. Cuma mau nggak mau yaa, kulit wajah ini lama-lama tidak sekencang 10 tahun yang lalu wkwk

    Terima kasih banyakkk atas ilmunya, Mbak Roem! Bahkan aku baru tau pake sunscreen aja harus sebanyak itu astagaa

    Btw, aku sempat pakai Viva milk cleanser itu lho. Dua produk nggak sampai 20ribu, bisa hapus riasan tebal waktu beres foto prewedding dan resepsi nikahan huahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah mulai sadar skincare-an baru beberapa bulan lalu, Mbak Jane. Belum sampai satu tahun. Tapi sama-sama mulainya setelah melahirkan anak pertama, Mbak. Soalnya wajah penuh jerawat beserta bekasnya yang bandel-bandel. πŸ˜‚

      Iya, Mbak. Kalau punya kulit sensitif memang harus selektif memilih skincare nya. Supaya kulitnya gak ke-trigger.😁

      Delete
  21. Nah, info penting bgt sih ini. skin care dasar.terutama buat kayak aku yg rada malas2a n kalau skin care ribet hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Aku malah kadang males pakai skincare πŸ™ˆ. Jadi aku bikin artikel ini juga sebagai pengingat buat diri sendiri juga.🀭 Hehehe.

      Delete
  22. Hola mb Roem! Baca ini jadi bikin aku semangat skincarean lagi. Uh, karena kalau wfh aku mah jadi sering skip skincare. Hoho untungnya masi mandi pagi, adalah part cleansing doank.πŸ˜“

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi. Jadi mohon maaf sekali apabila komentar yang tidak sopan, mengandung kata kasar, menyinggung SARA, spam, dan yang berisi link hidup terpaksa tidak saya terbitkan. Terima kasih sudah mampir dan berkomentar.πŸ˜„